Nikmatnya Perpaduan Budaya dalam Menu Berbuka

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 08 Jun 2016 13:00 WIB

Aneka hidangan khas dari berbagai negara dalam satu meja sebagai hidangan berbuka puasa Foto: Thekitchn Aneka hidangan khas dari berbagai negara dalam satu meja sebagai hidangan berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, Islam bukan hanya merupakan agama yang identik dengan Timur Tengah atau Arab. Penyebaran Islam ke berbagai penjuru dunia membuat tradisi Islam berpadu dengan kebudayaan dari berbagai daerah sehingga menciptakan keragaman yang menarik. Setidaknya, itu yang dirasakan food blogger sekaligus corporate chef Nazneen Hamilton.

Bagi Hamilton, salah satu bukti perpaduan budaya ini dapat terlihat jelas dari menu berbuka puasa selama Ramadhan yang tersaji di rumahnya. Tumbuh besar di London, Hamilton kecil masih ingat dengan jelas bahwa menu-menu berbuka puasanya merupakan perpaduan masakan Inggris dan India yang lezat.

"Kami memiliki samosa, bhaji bawang bombay, atau chaat untuk berbuka. Kemudian kami menyantap kue Victoria sandwich atau kue tart dari Mr Kliping's Jam untuk hidangan penutup," kenang wanita keturunan India ini seperti dilansir The Kitchn.

Perpaduan India dan Inggris di atas meja makan bukan hanya satu-satunya kenangan Hamilton terkait perpaduan budaya yang menyatu dalam menu berbuka puasa. Hamilton mengungkapkan ayahnya sempat menetap di Italia dalam kurun waktu yang cukup lama untuk belajar dan bekerja. Oleh karena itu, ibu Hamilton juga kerap memberikan sentuhan Italia dalam makanan yang tersaji di meja makan mereka. Spaghetti, lasagna hingga pasta merupakan makanan yang tak asing meski Hamilton dan keluarga merupakan keturunan India.

"Mungkin ini terdengar seperti menu makanan biasa dalam keluarga Amerika dan Inggris. Tapi patut diingat, ibu saya merupakan juru masak India yang tradisional. Masakan Italia merupakan sesuatu di luar zona nyamannya," lanjut Hamilton.

Terpopuler