'Honor dari Allah' Jadi Prinsip Dai Ini Terus Berdakwah

Red: Dwi Murdaningsih

Selasa 07 Jul 2015 11:32 WIB

Agus Norman Komara Foto:

Kala ditanya perihal apa sebenarnya yang dikejar dengan dakwah di desa terpencil seperti itu, dengan tegas Abi menjawab semua karena Allah demi masa depan umat.

“Kalau bicara untuk apa, ya kami tidak dapat apa-apa. Tapi kami ini bisanya dakwah lewat TPA. Itu saja yang kami tekuni, siapa tahu nanti lahir dari murid-murid kami ini pemimpin masa depan. Tidak usah di dunia, cukup di Gunung Sari saja, itu sudah sangat membahagiakan kami sekeluarga di sini,” ucapnya merendah.

Ucapan Abi memang terbukti. Setidaknya dengan TPA, kehidupan remaja Gunung Sari sekarang, dibanding ketika baru pertama kali ia menginjakkan kaki di sana pada 11 November 2009 sudah sangat berbeda. Meskipun, dari sisi jumlah murid TPA sekarang tidak lebih banyak dari dahulu.

“Untuk jumlah murid, sekarang lebih sedikit. Dulu itu sampai 60-an. Sekarang paling 40-an. Ya, bukannya anak-anak tidak ada, tetapi sebagian sudah remaja dan maklum, di sini budaya nikah muda masih dominan,” ungkapnya.

Seiring berjalannya waktu, Abi dan istri mulai dikenal masyarakat. Hingga sebelum Ramadhan tahun ini, Isti Al-Hayani, istri dari Agus Norman Komara mendapat amanah dakwah di radio. Tetapi, dakwah di radio ini tidak sama dengan radio di kota besar. Isti menuturkan bahwa dirinya menerima tawaran dakwah di radio itu atas izin dan support suaminya.

“Sebenarnya tawaran dakwah di radio Citra Benuanta FM ini sudah disampaikan ke banyak pihak. Tetapi karena memang dalam penawaran itu dinyatakan tidak ada honornya, pihak radio tidak mendapat respon. Sementara ketika saya sampaikan perihal ini kepada Abi, beliau menjawab, ambil saja. Dakwah itu jangan karena honor. Tapi harus berprinsip Honda. Yaitu, honor dari Allah. Jadi, saya mantabkan hati menerima tawaran ini,” tuturnya.

Kini, setiap hari Ahad antara pukul 11 sampai pukul 13 WITA, Isti rutin mengisi dakwah live di radio Citra Benuanta FM dengan nama akrab Ustadzah Yani. Seiring berjalannya waktu, TPA binaan Agus Norman Komara bersama Istri, Isti Al-Hayani telah memberikan dedikasinya bagi desa, kecamatan dan nama baik Kabupaten Bulungan. Sebab, setelah beberapa waktu berjalan, anak-anak TPA binaan Abi  ini selalu berhasil menjadi juara sampai tingkat kabupaten dalam setiap event lomba TPA se-Kabupaten Bulungan.

Untuk membantu dai dari Hiayatullah berdakwah, para muzaki bisa mentipkan zakat infak dan sedekahnya melalui rekening Bank Mualamat 448.000.1234 atas nama Baitul Maal Hidayatullah

Terpopuler