Jalur Tengah Jateng Mulai Padat

Red: Endah Hapsari

Rabu 15 Aug 2012 16:58 WIB

Persiapan jalur mudik/ilustrasi Foto: Antara Persiapan jalur mudik/ilustrasi

TEMANGGUNG---Pemudik dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua mulai meramaikan di jalur tengah Provinsi Jawa Tengah, yang melintas di wilayah Kabupaten Temanggung dan Kota Magelang menjelang Lebaran 2012, Rabu.

Berdasarkan pantauan, pemudik berkendaraan roda dua secara berkelompok beriringan melintas di Kabupaten Temanggung dari arah barat dengan tujuan Magelang dan sekitarnya.

Seorang pemudik, Andi yang berboncengan dengan temannya yang sedang beristirahat di Alun-Alun Temanggung, mengatakan mereka akan pulang ke kampung halamannya di Pakis, Magelang.

Ia mengatakan, dari Jakarta melewati jalur pantura kemudian sampai di Kendal memilih jalur alternatif Weleri-Temanggung karena jalan tidak begitu padat. Selain menggunakan kendaraan pribadi, banyak di antara pemudik yang menggunakan bus umum melewati jalur tengah pada padi hari.

Kapolres Temanggung, AKBP Susilo Wardono mengatakan, arus mudik di jalur tengah wilayah Temanggung meningkat sekitar 15 persen dari hari biasa. Ia mengatakan, peningkatan tersebut terpantau di tiga titik, yakni Parakan yang merupakan perlintasan dari Wonosobo - Semarang dan Yogyakarta, Bejen yang merupakan jalur dari arah Kabupaten Kendal, dan Pringsurat yang merupakan jalur perlintasan dari arah Semarang - Yogyakarta.

"Peningkatan arus kendaraan masih pada jam tertentu, seperti sore dan malam hari. Sedangkan pada pagi hari padat antara pukul 10.00 - 11.00 WIB untuk kendaraan pribadi. Sedangkan untuk bus padat pada pagi dan malam hari," katanya.REPUBLIKA.CO.ID,

Terpopuler