Wakapolri Minta Pemudik Optimalkan Jalur Alternatif

Red: Djibril Muhammad

Rabu 15 Aug 2012 16:42 WIB

Wakil Kapolri, Komjen Polisi Nanan Soekarna Foto: M. Agung Rajasa/ANTARA Wakil Kapolri, Komjen Polisi Nanan Soekarna

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Wakapolri Komjen (Pol) Nanan Sukarna menyatakan kondisi jalur alternatif cukup bagus dan layak untuk dilintasi para pemudik untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di jalur utama.

"Kondisi jalur alternatif cukup bagus dan layak dilintasi oleh pemudik, pintar-pintarlah mencari waktu mudik dan memanfaatkan jalur alternatif," kata Nanan Sukarna di sela-sela peninjauan arus Mudik Lebaran 2012 di kawasan Nagreg Kabupaten Bandung, Rabu (15/8).

Wakapolri tiba di jalur Nagreg sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung melakukan inspeksi personel Polri yang melakukan pengamanan jalur di kawasan itu, termasuk melakukan pengecekan kendaraan dan kelengkapan pengamanan di jalur itu.

Menurut Nanan, kondisi jalur alternatif cukup bagus meski tidak semaksimal di jalur utama dan sangat berperan untuk memecah kepadatan arus lalu lintas di jalur utama. "Jalur alternatif juga ditempatkan posko pengamanan dan ada sejumlah layanan di sana, beberapa waktu lalu sudah dilengkapi," katanya.

Sementara itu, secara khusus Nanan mengimbau tim pengamanan jalur untuk memberikan perhatian dan prioritas pengamanan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor dengan terus memberikan himbauan untuk meningkatkan kehati-hatian saat meluncur.

Menurut Nanan, jumlah pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan masih terus meningkat. Polri dan Kementerian Perhubungan sudah melakukan sosialisasi keamanan berkendaraan, termasuk secara khusus menyiapkan jalur sepeda motor di Pantura Jabar.

"Pengamanan di lokasi rawan ditingkatkan, namun di sisi lain kewaspadaan dan kedisiplinan pengendara harus diperhatikan , salah satunya menjaga kondisi stambilitas kendaraan dan tidak membawa barang bawaan berlebihan," kata Nanan Sukarna.

Dalam peninjauanya ke Nagreg, Nanan juga mendapat penjelasan dari Kapolres Bandung AKBP Sandi Nugroho terkait pengamanan jalur mudik terutama dari Cileunyi hingga perbatasan Garut. Setelah diberlakukannya jalur lingkar Nagreg, kawasan itu menjadi lancar, namun kepadatan bergeser ke kawasan Limbangan dan Malangbong Kabupaten Garut.

Sementara itu arus mudik di jalur selatan Jabar mengalami peningkatan dibandingkan Selasa (14/8). Selain kendaraan roda empat juga kendaraan roda dua yang dilengkapi dengan bagasi.

Selain itu angkutan umum khususnya bus dari Jabodetabek dan Bandung menuju ke Tasikmalaya, Ciamis dan Garut rata-rata penuh penumpang. Sebaliknya angkutan umum dari arah timur ke barat rata-rata sepi penumpang.

Kemeriahaan di jalur Nagreg sudah meningkat dengan dibangunnya sejumlah Posko Layananan Mudik yang dilengkapi dengan pemasangan umbul-umbul dan spanduk di lokasi itu.

Suasana semakin kentara dengan kesiapan personil pengamanan Polri di jalur Nagreg yang membuka posko di Pamucatan, Posko Tangan, Jalan Cagak, Cikaledong serta di tanjakan Lingkar Nagreg.