Makelar Sedekah Bukber Bersama 3.500 Yatim Dhuafa

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

Jumat 10 Aug 2012 16:41 WIB

Makelar Sedekah Foto: dokpri Makelar Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID,  Ahad (5/8), merupakan hari yang super sibuk bagi anggota yang tergabung dalam komunitas Makelar Sedekah (MS). Pasalnya, hari itu MS punya hajatan besar, yaitu Buka Bersama 3.500 Yatim Dhuafa serentak di 10 kota, yakni Bogor, Yogya, Surabaya, Bandung, Malang, Tangerang, Tegal, Semarang, Malang dan tentunya sebagai pusatnya Makelar Sedekah, Jakarta.

Penggagas Komunitas Makelar Sedekah (MS) Mas Mono mengatakan,  “Tujuan diadakan acara ini adalah penyampaian amanah dari para donator dan juga MS akan jadi semakin dekat dengan panti asuhan–panti asuhan yang ada. Acara yang keseluruhan dananya mencapai Rp 250 juta itu diambil dari kas MS yang murni digalang via Twitter dengan akun pribadi @masmono08 dan @MakelarSedekah,'' ungkapnya Jumat (10/8).

Pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Mas Mono ini, tak pernah membayangkan sambutan masyarakat yang begitu luar biasa. ''Ternyata sambutan masyarakat sangat luar biasa. Seperti di Tangerang misalnya. Walau hanya mendapat jatah mendistribusikan 300 nasi box, snack dan uang santunan, ternyata yang datang melebihi kapasitas. Kalau kurang nasi dan snack sudah tidak bisa diakali lagi. Akhirnya ‘agen’, begitu sebutan untuk petugas MS, pun segera lari ke ATM terdekat untuk menambah jumlah santunan,'' paparnya.

Awalnya, menurut Mas Mono,  MS ini didirikan bersama rekan–rekannya, baru berusia 6 bulan. Pendirian gerakan ini bermula dari pembicaraan tidak serius antara Mas Mono dengan beberapa temannya. Meski baru seumur jagung, Mas Mono mengaku menerima donasi dari follower dan pihak-pihak lain hingga mencapai Rp 1 miliar.

"Ada yang bersedekah kamera, printer, jam tangan, perhiasan, sepeda motor, bahkan mobil. Jadi tidak saja uang. Ini menjadi amanah. Akhirnya saya bentuklah gerakan ini," ungkapnya penuh syukur.

Dalam pendistribusian dan pengelolaan dana sosialnya ini, papar Mas Mono lebih lanjut, 'Makelar Sedekah' bermitra dengan beberapa lembaga lembaga kemanusiaan seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), Al Azhar Peduli Umat, remaja-remaja masjid, dan lembaga zakat lainnya.  "Dan aksi sosial sekarang ini adalah juga bagian dari itu," tuturnya.

Ia menambahkan, MS juga rutin menggelar sejumlah agenda sosial lainnya di luar bulan Ramadan, seperti 'Jumat Berdarah', yakni rangkaian kegiatan seperti sunnatan massal, donor darah, dan bekam. ‘Jumat Berbagi’ yaitu setiap hari Jumat membagikan sembako kepada kaum dhuafa. Dan juga member training motivasi untuk anak-anak yatim, sharing membangun bisnis untuk masyarakat umum, dan wisata reliji.

Terpopuler