Yuk, Optimalkan Ibadah di Akhir Ramadhan

Red: Heri Ruslan

Jumat 10 Aug 2012 04:27 WIB

itikaf Foto: Republika itikaf

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOK -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak masyarakat  untuk mengoptimalkan ibadah memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan 1433 H.

"Maksimalkan ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan dengan memperbanyak amalan karena banyak keutamaan yang dijanjikan Allah SWT," kata dia di Solok, Sumatera Barat, Kamis malam.

Ia menyampaikan hal itu pada safari Ramadhan Pemprov Sumbar ke Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Menurut dia, ibadah yang sangat dianjurkan pada 10 hari terakhir Ramadhan adalah melaksanakan itikaf di masjid dan mushala.

"Salah satu keutamaan pada 10 hari terakhir Ramadhan yaitu terdapat malam Lailatur Qadar. Malam itu lebih baik dari seribu bulan," kata dia.

Ia menceritakan, para sahabat nabi ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadhan sangat gembira karena adanya peluang meraih malam Lailatul Qadar.

Namun, mereka juga sedih, karena khawatir tidak akan bertemu lagi dengan Ramadhan tahun berikutnya, kata dia. Karena itu, jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan maksimalkan waktu yang ada untuk sepenuhnya beribadah.

Ia mengatakan, sebagian masyarakat saat ini ada yang mulai mempersiapkan diri menyambut Idul Fitri, namun jangan sampai mengabaikan ibadah Ramadhan yang masih tersisa.

"Jangan mengabaikan ibadah pada hari-hari terakhir Ramadhan karena sibuk persiapan menyambut lebaran," kata dia.

Ia menambahkan, jangan karena menyambut lebaran kehilangan kesempatan untuk memperbanyak ibadah pada hari-hari terakhir Ramadhan.