Bayar Zakat di Mal Yuk..

Rep: mg02/ Red: Hafidz Muftisany

Kamis 09 Aug 2012 09:04 WIB

Zakat di Mal Foto: Republika/Wihdan Zakat di Mal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Zakat, Infak, dan Sedekah merupakan salah satu pokok ajaran Islam yang bila ditangani secara serius dapat menanggulangi kemiskinan.

Saat ini sudah banyak lembaga yang mengelola Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS). Lembaga-lembaga itu juga memberi kita kemudahan untuk  dapat menyalurkan Zakat, Infak, dan Sedekah di berbagai tempat. Salah satunya dengan mendirikan gerai atau stand pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah di Mall.

Di Mall Pejaten Village misalnya. Terdapat dua titik gerai atau stand pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah. Tak jauh dari pintu masuk Mall Pejaten Village kita akan temukan gerai ZIS Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, Rabu (8/8).

Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dari tahun ke tahun mendirikan gerai-gerai zakat. Tidak hanya di mall-mall, PKPU juga membuka gerai di perkantoran. Sasaran mereka adalah pengunjung atau karyawan Muslim yang hendak menunaikan Zakat, Infak, dan Sedekah. Tak hanya di bulan ramadhan saja PKPU menggelar gerai ZIS. Pada hari biasa pun gerai tetap dibuka hanya saja lebih difokuskan di kantor-kantor instansi perusahaan. Dalam satu bulan hanya dibuka 10 hari.

"Selama bulan suci ramadhan kami membuka layanan gerai zakat. Di Mall Pejaten Village ini buka dari jam 10.00 sampai 22.00. Kalau di kantor-kantor dari jam 08.00-17.00," kata salah satu staf  gerai ZIS PKPU di Mall Pejaten Village, Iin Luthfiah.

Gerai-gerai itu sudah dibuka sejak awal bulan ramadhan. Akan berakhir tepat pada malam takbiran. Gerai ZIS tersebut biasanya akan ramai dikunjungi  pada akhir pekan. Kepercayaan dan pemahaman publik akan pentingnya menyegerakan membayar ZIS menjadi faktor yang menentukan /income/ yang dihasilkan.

"Sehari bisa ada 15 donatur (pembayar ZIS)," ujar Ulil Nurfitria staf dari lembaga zakat dompet dhuafa. Hasil dari ZIS yang terkumpul akan disalurkan untuk berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan. Seperti ZIS untuk pendirian MCK (kesehatan), untuk pendidikan,sampai pengadaan Al-quran untuk masjid dan keluarga miskin yang membutuhkan.

Nafsu memang harus ditahan. Yang tidak boleh ditahan adalah kepedulian untuk berbagi pada sesama. Zakat, Infak, dan Sedekah, jangan ditahan saat ramadhan.

Terpopuler