Monday, 3 Safar 1439 / 23 October 2017
find us on : 
  Login |  Register
Rabu , 08 August 2012, 13:00 WIB

Belanja dan Wisata 200 Anak Yatim Bareng PKPU

Red: Hafidz Muftisany
dok pri
Belanja dan Wisata Anak Yatim bareng PKPU
Belanja dan Wisata Anak Yatim bareng PKPU

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA-Berbagi kebahagiaan dan santunan bersama anak yatim di bulan Ramadhan banyak sekali dilakukan oleh berbagai instansi maupun perusahaan. Mulai dari pemberian bingkisan atau bahkan sampai uang tunai. Namun, terkadang bingkisan tersebut kurang sesuai dengan kebutuhan anak tersebut, maka perlu ada inovasi lain yang lebih unik dan mengasyikan.
 
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU melalui divisi Zakat Center PKPU, Ahad (5/8) di Carrefour Jl Raya Solo km 8 No. 234 Maguwoharjo, Depok, Sleman dalam rangka kegiatan Ramadhan 1433 H bekerjasama dengan Carrefour Indonesia, Indosat, Radio Prambors Jogja, Jasa Raharja, dan BPD DIY Syariah menghadirkan 200 anak yatim untuk memilih barang kebutuhan ramadhan maupun lebaran dalam acara Belanja Bareng Yatim (BBY).
 
Acara bertajuk “Belanja Bareng Yatim” ini akan dilaksanakan di Carrefour Maguwoharjo. Acara ini juga dimeriahkan oleh aksi Pesulap Cilik Umar Ade Ali.

Program belanja bareng yatim ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PKPU terhadap anak yatim khususnya yang diluar panti untuk menghadapi hari raya Idul Fitri. Anak yatim yang mengikuti program ini berasal dari Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Ketua Pelaksana Program Belanja Bareng Yatim PKPU, Doddy Pranoto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Belanja Bareng Yatim Nasional yang dilaksanakan secara serentak. Program BBY adalah program penyaluran santunan langsung bagi anak yatim.

Program ini didanai oleh dana dari para donatar PKPU baik yang berasal dari individu ataupun perusahaan. “Dengan program ini, kami memberikan santunan dengan cara yang beda yaitu anak-anak bebas memilih barang kebutuhannya sekaligus untuk ‘rekreasi’ di swalayan yang mungkin jarang mereka kunjungi,” ungkap Doddy Pranoto.

Doddy menjelaskan, melalui program ini setiap anak yatim dipersilakan memilih barang belanjaan yang dibutuhkan dan didampingi oleh para pendamping dari PKPU. Untuk memudahkan anak-anak yatim bertransaksi di kasir, pihak Carrefour rencananya membuka sebanyak empat kasir khusus bagi mereka.

Sementara itu, Kepala Cabang PKPU Yogyakarta Suripta mengatakan, merupakan kebahagiaan tersendiri dapat berbagi dan membahagiakan anak yatim saat lebaran nanti. “Dengan cara ini kita berharap mereka dapat merasakan kebahagiaan sebagaimana dirasakan anak-anak lainnya yang masih memiliki orang tua dan berkecukupan,” kata Suripta.

Selain mengajak anak yatim berbelanja, PKPU Yogyakarta bersama Radio Prambors Jogja juga mengajak anak yatim berkunjung ke museum dirgantara, kegiatan ini untuk mengenalkan sejarah dirgantara Indonesia kepada anak-anak sehingga mereka akan menghargai perjuangan para pahlawan pendahulunya. Setelah berkunjung ke museum mereka akan diajak berbuka puasa di Teras Javana Resto Kotabaru Yogyakarta.

***

kiriman Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Yogyakarta

Jika anda punya informasi kegiatan Ramadhan di lingkungan sekitar, tempat kerja, masjid, kampus, sekolah, kirimkan ke ramadhan@rol.republika.co.id

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)