Takbiran Wujud Kemenangan

Red: Didi Purwadi

Rabu 31 Aug 2011 07:11 WIB

Takbiran Keliling (ilustrasi) Foto: Republika/Prayogi Takbiran Keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BITUNG - Malam takbiran yang dimeriahkan ratusan kendaraan bermotor serta dihadiri ribuan umat Muslim di Kota Bitung, sebagai wujud kemenangan setelah sebulan penuh melakukan puasa. Wakil Ketua PHBI Bitung, Irvan CH Vrantigo, mengatakan bahwa malam takbiran adalah sebuah kemenangan masyarakat Kota Bitung selaku anak Bangsa.

"Inilah wujud kemenangan umat muslim dalam merayakan malam takbiran. Setelah sebulan penuh melakukan puasa, maka tidaklah heran kemenangan itu dirayakan segenap umat muslim, khususnya masyarakat muslim di Kota Bitung, dengan melakukan ibadah secara bersama sambil mendendangkan doa," ujarnya.

Malam takbiran itu pun dibuka Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh, disertai dengan memukul beduk tanda dimulainya malam takbiran. Sondakh mengatakan solidaritas manusia adalah sikap saling mengampuni serta mewujudkan kebersamaan dalam kecintaan untuk saling menjaga stabilitas keamanan yang telah lama terbina selama ini.

"Saling mengampuni dan memaafkan kiranya dapat diwujudkan dalam kehidupan,'' katanya. ''Sehingga, kebersamaan dan kerukunan antaragama dapat terus terpelihara sebagai upaya mewujudkan pembangunan Kota Bitung.''

Terpopuler