Wagub Aceh Tinjau Rumah Terbakar Akibat Kembang Api

Red: Didi Purwadi

Rabu 31 Aug 2011 08:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH - Wakil gubernur Aceh, Muhammad Nazar, meninjau rumah yang terbakar di Gampong (desa) Bandar Baru, kawasan Lampriet, Banda Aceh usai melepas pawai takbiran di depan Masjid Raya Baiturrahman setempat.

Dua unit rumah warga gampong Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh, terbakar Selasa (30/8) sekitar pukul 20.30 WIB. Satu dari dua rumah itu ludes dimangsa api, meski enam unit mobil kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kepala Gampong (Keuchik) Bandar Baru, Mahyuni, menjelaskan berbagai informasi berkembang sebagai penyebab kebakaran itu. "Ada warga yang menyebutkan karena ada percikan kembang api. Juga berkembang informasi karena lilin, kemudian membakar papan-papan usaha floris dari salah satu rumah," katanya.

Api cepat merambat ke rumah kosong yang berada di rumah sebelahnya. Sumber api dari rumah Masnah. "Rumah ibu Masnah itu juga dijadikan sebagai usaha jasa penyewaan papan bunga (floris)," kata Mayhuni.

Enam unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Banda Aceh dikerahkan dan berhasil menyelamatkan sejumlah rumah yang berdekatan dengan bangunan yang ludes terbakar itu. Sementara, rumah yang ludes terbakar itu milik Sumiati. Namun, rumah dalam keadaan kosong.

"Rumah Sumiati itu biasanya disewakan, namun saat ini tidak ada penyewa atau dalam keadaan kosong," kata Keuchik Bandar Baru.