Shalat Ied di London Digelar Sampai Lima Kali

Red: Didi Purwadi

Rabu 31 Aug 2011 05:51 WIB

Shalat Idul Fitri (ilustri) Foto: www.muslimdaily.net Shalat Idul Fitri (ilustri)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Ribuan muslim dan muslimah di London melaksanakan sholat Idul Fitri 1432 Hijriah di Mesjid Besar London, Central Mosque di Regent Park. Shalat Ied dilaksanakan sebanyak lima kali guna menampung umat muslim dari berbagai negara pada Selasa (30/8) pagi kemarin.

Sholat Idul Fitri yang diadakan di Mesjid Raya London yang pertama dimulai pada pukul 07.00 dan selanjutnya pada pukul 08.00, 09.00 kemudian 10.00 dan 11.00. Dari pengamatan koresponden Antara London yang mengikuti sholat pada pukul delapan, ruang wanita di lantai atas dipenuhi kaum muslimat dari berbagai bangsa.

Sekitar 200 wanita yang mengikuti sholat Idul Fitri umumnya tidak mengunakan mukena seperti umumnya dijumpai di tanah air. Kaum wanita dengan berbagai warna kulit itu hanya mengunakan busana panjang yang disebut abaya berwarna hitam.

"Perempuan muslim di Inggris tidak mengenal mukena," ujar Afrahul Fadhilah, yang bekerja di Mesjid London, menambahkan bahwa biasanya perempuan langsung sholat dengan busana panjang yang dikenakan.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang hanya berlangsung selama setengah jam di mesjid Raya London itu setiap kali selalu dipenuhi oleh umat Muslim yang datang bergantian. Karena, Hari Idul Fitri di Inggris bukanlah hari libur seperti di Indonesia.

Terpopuler