Ruas Jalan Tangsel Mulai Lengang

Rep: Lingga Permesti/ Red: cr01

Ahad 28 Aug 2011 13:22 WIB

Kota mandiri BSD, Tangerang Selatan. Foto: Republika/Amin Madani Kota mandiri BSD, Tangerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG – Dua hari menjelang lebaran, ruas jalanan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel),  mulai lengang. Bahkan di jalan-jalan tertentu yang biasanya diwarnai kemacetan, Ahad (28/8) pagi hingga tengah hari tampak lengang.

"Baru sebagian saja yang mudik. Kalau mudik sudah mencapai puncaknya, Tangsel bisa lebih sepi lagi," ungkap Darna, warga Serpong yang akan mudik ke Lampung.

Berdasarkan pantauan Republika, jalan utama Serpong memang sudah terlihat lengang. Rata-rata kendaraan yang melintas adalah kendaraan umum dan kendaraan roda dua. Khusus kendaraan roda dua, sebagian besar merupakan pemudik yang melintas di jalur utama tersebut.

Menurut Aji, tukang ojek di bilangan Serpong, kendaraan yang melintas sudah berkurang setengah dari hari-hari biasa. Suasana lengang di Tangsel akan semakin terasa pada hari Senin (29/8), di mana arus mudik diperkirakan telah mencapai puncaknya. "Hanya saja, kemacetan masih mewarnai beberapa ruas jalan yang terdapat pusat perbelanjaan atau pasar," kata Aji.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, ruas jalan yang terdapat pusat perbelanjaan masih mengalami kemacetan cukup panjang. Menurut Subarjah, petugas Dishub Pasar Serpong, ruas jalan semakin dipadati warga yang ingin membeli kelengkapan lebaran.

"Sebagian besar membawa motor, sampai mobil tidak bisa masuk. Belum lagi pasar dekat dengan perlintasan kereta api yang setiap saat melintas, jadi kemacetan semakin panjang," ungkapnya.