Cegah Sembelit, Puasa Pun Lancar

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani

Jumat 27 Jul 2012 15:30 WIB

Sembelit, ilustrasi Foto: Musiron/Republika Sembelit, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini telah memasuki bulan Ramadhan. Pada saat itulah, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Ketika berpuasa, mereka harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 14 jam lebih.

Bagi, sebagian orang, ketika menjalankan ibadah puasa kadang mengalami sembelit (susah buang air besar). Banyak faktor yang menyebabkan sembelit itu terjadi.

Ahli gizi lainnya dari Health Ally Melissa Nodvin MS, seperti dikutip dari sheknows.ca mengungkapkan pentingnya mengetahui penyebab sembelit. Hal ini untuk mengetahui penanganan dan pengobatan yang tepat.

Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Karena itu, yang terpenting adalah mengetahui gaya hidup anda selama ini. Sebagai contoh, penggunaan obat-obat yang anda konsumsi.

‘’Bicarakan dengan dokter dan apoteker untuk melihat apakah obat tersebut penyebab sembelit. Jadi, mereka bisa merekomendasikan obat baru, pencahar, atau pelunak feses,’’ kata Nodvin.

Selain itu, stress juga merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan sembelit. ‘’Stres merupakan salah satu faktor terbesar berkaitan dengan sembelit. Karena itu, cobalah untuk mengendalikan diri anda agar tidak stres,’’ kata Nodvin.