Menag: Lebaran Kemungkinan Besok

Rep: Asep Wijaya/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 18 Aug 2012 18:16 WIB

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali. Foto: Antara/Syaiful Arif Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama RI Suryadharma Ali menyatakan kemungkinan besar 1 Syawal 1433 Hijriyah bakal jatuh esok hari, Ahad (19/8). Artinya, kemungkinan besar umat Muslim Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah esok dan merayakan takbiran malam ini.

Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil hisab (penghitungan) yang menegaskan ketetapan lebaran pada esok hari. "Kemungkinan besok," ungkap Suryadharma saat ditanya wartawan ihwal penetapan Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (18/8) di Ruang Auditorium KH. M. Rasjidi Gedung Kementerian Agama RI, Jalan M.H Thamrin No. 6 Jakarta.

Namun, menteri yang juga Ketua Umum PPP itu menuturkan, hasil hisab (penghitungan) juga harus disandingkan dengan pembuktian ketampakan hilal. Dengan begitu, ujar SDA, data penghitungan menjadi selaras dengan bukti empiris.

Penetapan 1 Syawal 1433 H akan ditentukan dalam sidang isbat yang digelar sore ini sekitar pukul 18.30 WIB. Sidang tersebut akan memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah dengan mempertimbangkan laporan pemantauan ketampakan hilal dan data hisab (penghitungan) bulan hijriyah. (baca: Sore Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal)