Jelang Lebaran PT Pegadaian Diserbu Ibu-ibu, Kenapa?

Rep: MG04/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 04 Aug 2012 17:36 WIB

Pegadaian (ilustrasi). Foto: Antara Pegadaian (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menjadi agenda rutin PT Pegadaian dipenuhi masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah. Kebanyakan ibu-ibu datang untuk menggadaikan perhiasan emasnya, menyusul meningkatnya kebutuhan selama Ramadhan dan menjelang lebaran.

Seperti yang terlihat di Pegadaian cabang Depok, Jawa Barat yang diserbu para ibu-ibu. Kebanyakan mereka menggadaikan perhiasan emas.

"Pegadaian lagi ramai menjelang lebaran apalagi sekarang bertepan dengan pembayaran anak sekolah," ujar Desi, seorang pegawai Pegadaian cabang Depok, saat ditemui ROL, Jumat (3/8) kemarin.

Desi menjelaskan, biasanya barang yang akan digadaikan berupa perhiasan emas, sebagai simpanan yang paling mungkin untuk digadaikan dengan nilai gadai cukup tinggi. Kebanyakan mereka, kata Desi, menggadaikan emas untuk untuk membayar biaya sekolah anaknya dan memenuhi kebutuhan saat Ramadhan.

"Dari awal sebelum Ramadhan, masyarakat sudah ramai menggadaikan emasnya. Apalagi bertepatan dengan lebaran. Biasanya seminggu sebelum lebaran, masyarakat tambah ramai menggadaikan emas," sebut dia.