Jelang Lebaran, Tersedia 28 Pos Pengamanan di Yogya

Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 04 Aug 2012 16:49 WIB

Posko mudik Foto: Republika/Nunu Posko mudik

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA --  Polda Daerah Istimewa Yogyakarta tengah menyiapkan 28 pos pengamanan dan pelayanan Lebaran 2012 yang tersebar di seluruh wilayah.

Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Anny Pudjiastuti, menjelaskan pos pengamanan dan pelayanan Lebaran 2012 tersebut meliputi di Sleman sebanyak tujuh titik, Kota Yogyakarta enam titik, Bantul lima titik, Kulon Progo lima titik dan Gunung Kidul lima titik.

Menurut dia, pos-pos pengamanan dan pelayanan tersebut akan didirikan di sejumlah jalur mudik dan jalur alternatif serta di tempat yang menjadi konsentrasi masyarakat selama Lebaran seperti stasiun kereta api dan objek wisata. "Selain dari Polri, personel yang bertugas di sejumlah pos tersebut terdiri TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan dinas kesehatan serta instansi terkait lainnya," katanya, Sabtu (4/8).

Ia mengatakan, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama lebaran, Polda DIY juga akan melakukan operasi keamanan dengan sandi "Ketupat Merapi 2012" mulai H-9 hingga H+6 yang melibatkan tim gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya. "Tim gabungan operasi "Ketupat Merapi 2012" melibatkan personel sebanyak 2.528 orang," katanya,

Anny mengatakan, tim gabungan itu akan mengamankan dan melancarkan jalur-jalur mudik selama masa lebaran. "Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 17 dan 18 Agustus, pada hari-hari tersebut diperkirakan akan terjadi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan di jalur mudik," katanya.