Friday, 30 Zulhijjah 1435 / 24 October 2014
find us on : 
  Login |  Register
Saturday, 04 August 2012, 09:32 WIB

Berenang Saat Puasa, Bolehkah?

Blogspot.com
Kolam renang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut Ustaz A Satori Ismail, yang membatalkan puasa kalau dirinci di antaranya adalah makan dan minum sengaja, muntah dengan sengaja, haid dan nifas, masturbasi, memasukkan sesuatu ke dalam perut melalui lubang, seperti mulut, telinga dan dubur, serta sudah niat tidak berpuasa sejak malam hari karena niat termasuk rukun dalam puasa, serta makan dan minum atau bersetubuh dengan prasangka sudah terbenam matahari, padahal belum.

Jadi, kalau sekadar berenang dan tidak berlebihan sehingga memungkinkan masuknya air ke dalam lubang mulut, hidung, telinga, dan dubur, tidaklah mengapa.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : A Satori Ismail
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)