Hadapi Arus Mudik, Pelni Jamin Keamanan Penumpang

Red: Dewi Mardiani

Jumat 27 Jul 2012 13:25 WIB

Sejumlah kendaraan antre untuk turun dari kapal feri saat tiba di Pelabuhan. Ilustrasi. Foto: Republika/Agung Supriyanto Sejumlah kendaraan antre untuk turun dari kapal feri saat tiba di Pelabuhan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang sebulan sebelum terjadi arus mudik lebaran. Kepala Cabang PT Pelni Pangkalpinang, Kamaruzaman, di Pangkalpinang, Jumat (27/7), menegaskan semua armada kapal telah selesai di docking (perawatan) sebulan sebelum arus mudik.

"Kapal-kapal yang akan mengangkut penumpang mudik sudah dicek semua, kerusakan telah diperbaiki dan ruangan-ruangan telah dibersihkan," kata Kamaruzaman.

Selain itu, dia mengatakan, kelengkapan keamanan penumpang seperti sekoci dan jaket pelampung sudah tersedia sesuai kapasitas kapal. "Semua sudah siap, jaket pelampung dapat diambil dari setiap bawah jok penumpang, jumlahnya melebihi penumpang dan anak buah kapal demi keselamatan," kata dia.

Hampir seluruh kapal dalam armada Pelni adalah kapal yang dibangun oleh galangan kapal di Jerman. Umumnya, kbin penumpang dibagi menjadi kelas 1, kelas 2, kelas 3, dan kelas ekonomi. Kabin terbaik adalah kelas 1A diikuti dengan kelas 1 B, kelas 2A, kelas 2B, kelas 3, dan kelas ekonomi. Penumpang kelas ekonomi tidur beramai-ramai di sebuah kamar yang dilengkapi kasur.

Kamaruzaman meyakinkan, seluruh fasilitas tersebut telah diperiksa secara seksama oleh Pelni untuk memastikan kenyamanan penumpang. "Docking telah dilakukan di Jakarta dan Surabaya, semua untuk memastikan kapal dalam kondisi baik, jadi nanti penumpang tidak perlu khawatir soal keamanan, tinggal menyiapkan diri saja untuk keberangkatan," kata dia.