Terminal Tanjung Priok Padat Penumpang

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani

Jumat 17 Aug 2012 14:42 WIB

Terminal Bus Tanjung Priok Terminal Bus Tanjung Priok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua hari menjelang lebaran, penumpang mudik di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, tampak mengalami peningkatan. Peningkatan penumpang mudik ini sudah terjadi sejak H-4 lebaran. Menurut Hilman, Kepala Regu Terminal Tanjung Priok, kenaikan penumpang angkutan darat sudah mulai naik sejak H-4. Jumlah penumpang sebanyak 1.592.

"H-3 kemarin, jumlah penumpang yang mudik sudah mencapai 4.388. Jumlah bus yang diberangkatkan sebanyak 272. Kalau hari tidak naik, berarti puncaknya kemarin," ungkap Hilman.

Berdasarkan pantauan, tampak calon penumpang angkutan darat yang menumpuk di terminal. Hari ini, jumlah penumpang diprediksi akan mencapai sekitar 5 ribu. "Namun baru akan kelihatan nanti sore," ujar Hilman.

Penumpang yang membludak hari ini akan berangkat dengan Bus Prima Jasa dengan tujuan ke Pekalongan, Purwokerto, dan juga Rangkas Bitung.

Di Terminal Tanjung Priok, terdapat 50 bus dengan berbagai tujuan di Pulau Jawa. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan bus ini, pihaknya mempersiapkan berbagai posko di terminal, yakni posko kesehatan dan posko keamanan.

Posko kesehatan yang disediakan merupakan gabungan dari petugas puskesmas dan juga PMI. Sementara untuk keamanan, telah dikerahkan dari aparat gabungan.