Sabtu - Ahad Diperkirakan Puncak Arus Balik

Rep: Edy Nasrul/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 02 Sep 2011 21:13 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memprediksi Sabtu dan Ahad akan menjadi puncak arus balik. Jutaan pemudik dari seluruh pelosok Indonesia akan mendatangi kota-kota besar di Indonesia untuk kembali bekerja.

“Semua alat transportasi massal akan penuh,” ungkap Kepala Humas Kemenhub, Bambang S Ervan, saat dihubungi, Jumat (2/9). Jalur Pantura dan Pantai Selatan dipastikan akan dipenuhi pemudik baik yang mengendarai kendaraan pribadi maupun umum. Dia memperkirakan pemudik yang akan kembali ke Kota Besar pada dua hari itu hendak bekerja pada Senin.

Bambang menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan puluhan ribu bus untuk mengangkut pemudik ke beberapa kota besar di Indonesia. Untuk Pulau Jawa, bus-bus Akap sudah siaga terus menerus di Terminal Bus Purabaya, Madiun, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang, Purwokerto, dan terminal di kota lainnya.

Pada Sabtu dan Ahad nanti dipastikan mereka akan menumpuk di Tol Cikampek, baik yang dari Jalur Pantai Selatan maupun Utara. Agar arus lalu lintas tetap terpantau, pihaknya bekerjasama dengan Polri dalam pengaturan rekayasa lalu lintas. “Nanti pasti ada pengalihan jalur agar kendaraan tidak menumpuk di satu jalur saja,” jelasnya.

Kemenhub mencatat baru-baru ini sudah lima juta pemudik kembali ke Jakarta menggunakan bus. Per hari sejak H plus 1, tidak kurang dari 2 juta pemudik sudah kembali.

Personel Polri dan TNI juga akan disiagakan dalam pengamanan di terminal, kereta api, beserta stasiun. “Mereka bersenjata semua untuk mencegaj kejahatan yang merugikan pemudik,” jelas Bambang. Pengamanan kereta api terus menjadi perhatian Kemenhub, agar kasus pembajakan kereta api Gajayana oleh oknum marinir tidak terjadi lagi.