KAI: Puncak Arus Balik Mudik di Daop Semarang Sudah Terlewati

Red: Ani Nursalikah

Senin 15 Apr 2024 15:52 WIB

Seorang penumpang menanti keberangkatan kereta api yang mengalami penundaan akibat banjir yang merendam jalur kereta api maupun stasiun di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024). Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar Seorang penumpang menanti keberangkatan kereta api yang mengalami penundaan akibat banjir yang merendam jalur kereta api maupun stasiun di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT KAI mencatat puncak arus balik lebaran di berbagai stasiun di Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Jawa Tengah, telah terlewati. Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan puncak arus balik terjadi pada Ahad (14/4/2024).

"Pada Ahad, jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 33.444 orang," katanya, Senin (15/4/2024).

Baca Juga

Adapun total pemilir yang diberangkatkan dari berbagai stasiun di Daop Semarang sejak 12 hingga 15 April 2024 tercatat mencapai 126 ribu orang. "Sejak H+1 hingga H+4, total ada 126.228 penumpang yang diberangkatkan ke berbagai daerah tujuan," katanya.

Pada Senin, lanjut dia, tercatat 30 ribu pemilir yang sudah memiliki tiket dan akan berangkat ke berbagai daerah tujuan. Ia mengatakan keberangkatan penumpang terbanyak pada masa angkutan Lebaran 2024 berada di Stasiun Semarang Tawang.

Ia menambahkan jumlah pemilir yang akan kembali ke tempat bekerja dengan menggunakan moda transportasi kereta api diperkirakan masih bertambah. Oleh karena itu, ia mengimbau calon penumpang untuk menyiapkan rencana perjalanannya dengan baik agar tidak tertinggal kereta.

Selain itu, ia juga mengimbau penumpang untuk mematuhi batas maksimal volume bagasi seberat 20 kg yang tidak dikenai biaya tambahan.

Terpopuler