Buka Posko Mudik, Ikatan Bidan Indonesia Ingatkan Ibu Hamil Perhatikan Asupan Cairan

Red: Friska Yolandha

Selasa 09 Apr 2024 20:47 WIB

Pemudik bersiap menaiki bus yang akan mengantar ke kampung halaman. Foto: Dok IBI Pemudik bersiap menaiki bus yang akan mengantar ke kampung halaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada momen mudik Lebaran 1445H ini Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. IBI mengingatkan ibu hamil yang hendak mudik harus memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

IBI telah berperan aktif dalam berbagai upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, bayi dan balita di Indonesia kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali pada momen mudik lebaran. Posko OPOR Bu Bidan secara resmi dibuka bertepatan dengan pelepasan rombongan mudik bersama di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada Sabtu, (6/4/2024).

Baca Juga

Ketua Umum IBI, Dr Ade Jubaedah, mengatajan salah satu tujuan penting dari dilaksanakannya Posko OPOR Bu Bidan ini ialah untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta anak balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik. "Sebab, mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus," katanya melalui keterangan pers, Selasa (9/4/2024).

Pelayanan kesehatan di Posko OPOR Bu Bidan diberikan langsung oleh tenaga bidan profesional. Layanan yang disediakan secara gratis tersebut menyediakan berbagai keperluan perempuan, ibu hamil serta anak balita selama melakukan perjalan mudik seperti air minum dengan kemasan yang bebas BPA dan higienis, makan/minuman tambahan bagi ibu hamil dan anak, vitamin, suplemen, alat kontrasepsi pil dan kondom, diapers, bayi, serta pembalut wanita. 

Para bidan profesional juga memberikan edukasi perihal kesehatan ibu dan anak. Salah satu materi pelayanan yang diberikan ialah upaya mendukung program pemenuhan asupan air minum dengan kualitas mineral yang baik pada ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, asupan mineral yang cukup dan berkualitas akan menjadi modal utama kesehatan bagi ibu hamil. Sebab, jika kekurangan mineral akan mempengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Selain dari makanan, tentunya mineral dapat juga dibantu kecukupannya dengan memilih air mineral dengan mineral yang berkualitas. Selain itu, untuk ibu hamil, bayi dan anak- anak juga sangat penting untuk memastikan setiap kemasan, termasuk galon air minum bebas dari berbagai kandungan/zat-zat berbahaya seperti BPA. "Karena kita tahu saat ini hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan air minum dalam kemasan dan galon untuk minum sehari-hari," katanya.

Telah menjadi urgensi kini masyarakat juga perlu memerhatikan kemasan galon air mineral pilihannya yaitu yang bebas BPA. BPA merupakan salah satu zat kimia yang terkandung dalam pembuatan plastik polikarbonat yang tentunya dapat membahayakan tubuh jika tercemar pada air mineral.

Kandungan BPA dalam kemasan air minum tentunya sangat menghawatirkan sekali, terutama untuk ibu hamil dan bayi. Kami sangat menyayangkan sebenarnya. Namun hal yang lebih penting ialah bagaimana masyarakat bisa lebih cerdas dan hati-hati dalam memilih air minum dalam kemasan, memastikan bahwa kemasan air minum tersebut bebas dari kandungan BPA. 

Selain kemasan galon yang aman dan bebas bahan kimia berbahaya BPA, ibu hamil juga perlu memperhatikan kandungan dan kualitas air mineral yang dikonsumsi. Perlu dipahami tidak semua air mineral sama, dan mengandung mineral seperti namanya. 

"Mineral berkualitas yang dimaksud antara lain natrium, kalium, kalsium, magnesium, bikarbonat, dan klorida," tambah Ade.

Berdasarkan kriteria yang paparkan IBI, Le Minerale telah memenuhi standar air mineral yang dibutuhkan ibu dan anak sehingga Le Minerale menjadi air mineral pilihan IBI untuk dibagikan pada program edukasi di Posko OPOR Bu Bidan. Le Minerale dinilai memiliki kandungan mineral berkualitas, hal tersebut tertera pada informasi kandungan mineral yang terdapat dilabel kemasan produk. 

Selain itu, Le Minerale memiliki kemasan yang aman karena memiliki tiga lapis proteksi yaitu, pembungkus tutup botol (seal cap), segel dan botol keras sebelum dibuka untuk menjaga mineral di dalamnya serta terbukti bebas BPA.

Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mengetahui langsung infomasi serta layanan lainnya dengan mengunjungi di Posko OPOR Bu Bidan yang tersebar di berbagai titik, di antaranya:

  1. Terminal Pulogebang Jakarta Timur
  2. Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng
  3. Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat
  4. Pelabuhan Merak Banten

Terpopuler