Tempat Paling Ramai Dikunjungi Jelang Lebaran, dari Mal Hingga Kuburan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 09 Apr 2024 17:54 WIB

Warga melakukan ziarah kubur di TPU Karet Bivak, Jakarta. Ada beberapa tempat yang kerap dikunjungi umat Islam menjelang, salah satunya area pemakaman. Foto: Republika/Thoudy Badai Warga melakukan ziarah kubur di TPU Karet Bivak, Jakarta. Ada beberapa tempat yang kerap dikunjungi umat Islam menjelang, salah satunya area pemakaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Lebaran selalu disambut dengan antusiasme yang besar oleh Muslim di Tanah Air. Tak heran bila ada beragam aktivitas yang kerap dilakukan oleh Muslim menjelang Lebaran, termasuk mengunjungi sejumlah tempat umum.

Setidaknya, ada delapan tempat umum yang paling sering dikunjungi oleh Muslim menjelang Lebaran. Berikut ini adalah kedelapan tempat umum tersebut:

Baca Juga

1. Masjid

Meski selalu disambut dengan suka cita, Lebaran juga menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, banyak Muslim yang memperbanyak ibadah di masjid pada penghujung Ramadhan, termasuk melakukan itikaf. Tak hanya itu, banyak pula Muslim yang akan menyambangi masjid untuk membayar zakat fitrah sebelum Lebaran.

2. Kuburan

Ziarah kubur juga hal yang cukup umum dilakukan oleh Muslim, baik menjelang Ramadhan maupun menjelang Lebaran. Biasanya, ziarah kubur ini dilakukan dengan mengunjungi makam keluarga atau kerabat terdekat.

3. Salon

Banyak Muslim yang ingin menyambut Lebaran dengan penampilan terbaik. Untuk mempersiapkan penampilan yang terbaik, sebagian Muslim biasanya akan melakukan perawatan di salon. Belum lama ini bahkan terjadi "war" salon, di mana banyak Muslim memadati salon untuk menjalani perawatan memperlentik bulu mata.

4. Mal

Mal juga menjadi salah satu tempat paling sering dikunjungi Muslim menjelang Lebaran. Sebagian Muslim mungkin mengunjungi mall untuk berbuka puasa bersama bersama keluarga dan teman. Sebagian Muslim lainnya mungkin mengunjungi mall untuk berbelanja keperluan Lebaran atau sekedar untuk rekreasi.

5. Tempat penukaran uang

Memberi amplop Lebaran kepada sanak saudara hingga anak-anak telah menjadi tradisi yang umum dilakukan oleh Muslim sebagai bagian dari perayaan Lebaran. Amplop Lebaran ini biasanya diisi dengan uang pecahan kecil yang mulus atau baru. Oleh karena itu, Muslim sering kali berbondong-bondong mendatangi lokasi tempat penukaran uang untuk mendapatkan uang pecahan kecil.

6. Pasar

Lebaran identik dengan beragam sajian yang lezat, mulai dari ketupat sayur, sajian kue kering, hingga rendang. Pasar sering kali menjadi pilihan utama bagi banyak Muslim untuk berbelanja bahan-bahan hidangan Lebaran. Tak jarang pula, pasar menjadi tempat bagi Muslim untuk membeli kebutuhan Lebaran lain seperti baju baru baru hingga emas perhiasan.

7. Panti asuhan

Berbagi kepada sesama merupakan salah satu nilai yang tak terpisahkan dari Ramadhan. Karena itu, menjelang berakhirnya Ramadhan, banyak Muslim yang mengunjungi panti asuhan hingga panti jompo untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan.

8. Tempat rekreasi

Libur panjang menjelang Lebaran juga kerap dimanfaatkan oleh orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas adalah tempat rekreasi. 

Terpopuler