BBMKG Medan Pantau Hilal di 2 Titik Hari Ini, Ada Kemungkinan Lebaran Serentak?

Red: Qommarria Rostanti

Selasa 09 Apr 2024 04:28 WIB

Petugas memantau hilal untuk menentukan akhir Ramadhan dan awal 1 Syawal (ilustrasi). Di Sumatra Utara (Sumut), pengamatan hilal oleh BMKG akan dilakukan di 2 lokasi. Foto: Republika/Thoudy Badai Petugas memantau hilal untuk menentukan akhir Ramadhan dan awal 1 Syawal (ilustrasi). Di Sumatra Utara (Sumut), pengamatan hilal oleh BMKG akan dilakukan di 2 lokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan bakal mengamati berakhirnya bulan suci Ramadhan dan awal 1 Syawal 1445 Hijriah (pengamatan hilal) pada dua titik di Sumatra Utara (Sumut) pada hari ini, Selasa (9/4/2024). Kedua titik tersebut yakni rooftop kantor Gubernur Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan; dan Pantai Binasi (sekitar 60 km dari Kota Pandan, ibu kota Kabupaten tapanuli Tengah).

"Ada dua titik kami amati hilal untuk tentukan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Sumatra Utara," ujar Koordinator Geofisika BBMKG Wilayah I Medan Lewi Ristiyono, di Medan, Senin (8/4/2024).

Baca Juga

Pihaknya menurunkan satu tim terdiri atas empat personel BBMKG Wilayah I Medan, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut untuk mengamati hilal. Jumlah personel yang sama juga mengamati hilal di Pantai Binasi, direncanakan bersama tiga kantor Kementerian Agama, yakni Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, dan Kota Padangsidimpuan.

"Ada juga perwakilan dari STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam), STAI Hasiba Barus dan dihadiri oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah Bapak Sugeng Riyanta," kata dia.

Pihaknya juga memperkirakan hilal penentu 1 Syawal ini berdasarkan kondisi di saat ijtimak atau konjungsi satu putaran penuh bulan mengelilingi bumi, yakni pada 9 April 2024 sebelum Maghrib. Berdasarkan perhitungan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (Mabims) ketinggian hilal di Indonesia antara lima hingga tujuh derajat.

"Kalau di Sumatra Utara sekitar tujuh derajat. Jadi ada kemungkinan Hari Raya Idul Fitri serentak, mesti begitu kami kalibrasi mulai pukul 13.00 WIB sampai matahari terbenam pukul 19.00 WIB," ujar Lewi.

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa, 9 April 2024. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menerangkan, sidang isbat dilaksanakan secara tertutup dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadhan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," ujar Kamaruddin.

 

Terpopuler