Sholat Idul Fitri Muhammadiyah di Yogyakarta Digelar di 718 Lokasi

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 09 Apr 2024 08:13 WIB

Suasana sholat Idul Fitri di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (21/4/2024). Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro Suasana sholat Idul Fitri di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (21/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar Sholat Idul Fitri 1445 H di 718 lokasi yang tersebar di seluruh DIY.

Terdapat 219 lokasi Sholat Idul Fitri di Kabupaten Bantul. Kemudian, terdapat 183 lokasi Sholat Idul Fitri di Kabupaten Sleman.

Baca Juga

Kemudian, ada 89 lokasi di Kabupaten Kulonprogo. Sebanyak 154 lokasi Sholat Idul Fitri di Kabupaten Gunungkidul dan terdapat 73 lokasi Sholat Idul Fitri di Kota Yogyakarta.

Sekretaris PWM DIY Arif Jamali Muis mengatakan penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1445 H sebagai bagian dari layanan Muhammadiyah DIY kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri. PWM DIY berharap masyarakat bisa beribadah dengan khusyuk, tertib dan dapat mengambil hikmah dari Idul Fitri 1445 H ini.

"Sehingga Ramadhan yang telah dilaksanakan selama satu bulan ini ditutup dengan bahagia dan mendapatkan ridha dari Allah SWT," ucapnya.

Muis berharap kaum muslimin menjadi insan yang bertakwa secara otentik, terutama saat membawa misi rahmat bagi seluruh alam. Dirinya juga berharap agar momentum Idul Fitri tahun ini membawa kaum muslimin dan warga DIY secara khusus untuk membawa Indonesia menjadi Indonesia berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Jika ada perbedaan dalam mengawali Ramadhan maupun ber-Idul Fitri maka kedepankan tasamuh, saling toleran, menghargai dengan penuh kedewasaan,” ujarnya.

Beberapa lokasi Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan Muhammadiyah DIY, diantaranya Lapangan Piyungan (Piyungan), Lapangan Jambidan (Banguntapan), Alun-alun Imogiri (Imogiri), Halaman Fakultas UNY (Depok), Lapangan Sendangsari (Minggir), Lapangan Pencengan Kedundang (Temon), Alun-alun Wates Kulonprogo (Wates Kota), Halaman Parkir Taman Budaya Gunungkidul (Playen), Alun-alun Kidul (Kraton), dan Pelataran Masjid Gede Kauman (Gondomanan).

Terpopuler