Rudem dan FOI Bagikan Ribuan Makanan Paket Buka Puasa

Red: Muhammad Hafil

Senin 08 Apr 2024 21:37 WIB

Rudem dan FOI Bagikan Ribuan Makanan Paket Buka Puasa Foto: Dok Republika Rudem dan FOI Bagikan Ribuan Makanan Paket Buka Puasa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– Rumah Demokrasi (Rudem] bekerjasama dengan FoodBank Of Indonesia (FOI) dan lingkungan pendidikan merayakan kemenangan Ramadhan tahun 2024 dengan membagikan 1.200 makanan berbuka (takzil).

Turut berlangsung juga kegiatan penjualan 1 kg daging murah beku disertai 1 liter minyak sayur seharga Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).  

Baca Juga

Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Foodbank of Indonesia) Wida pembagian  makanan siap saji di Musholla Nurul Khairiyah diharapkan sedikit membantu beban masyarakat yang tengah mempersiapkan lebaran.

“Kita merayakan kemenangan Ramadhan dengan turut serta membagikan kebahagiaan berupa makanan. Masyarakat akan terbantu dengan adanya akses pangan di tengah meroketnya harga-harga sembako jelang lebaran,"ujarnya, Senin (8/4/2024).

Dari lingkungan sekolah yang terlibat kegiatan ini yakni SMP 1 Al Khairiyah, Guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republika Indonesia (PGRI) Kecamatan Koja, dan Alumni SMP Negeri 30 Angkatan 1984 atau disingkat 3084. 

Mereka bersama-sama membagikan daging sapi beku plus minyak sayur kepada warga.  Mereka juga mengatur semua kupon untuk didistribusikan langsung kepada lansia dan keluarga pra sejahtera yang membutuhkan.  

Ramdansyah selaku pimpinan Rumah Demokrasi mengajukan tema pluralitas dalam merayakan kemenangan Ramadhan 1445. 

Rudem sendiri merupakan lembaga yang mengedepankan volunterisme, bantuan hukum, advokasi bidang politik, sosial dan demokrasi.  

“Kegiatan ini secara spontan didukung oleh lembaga-lembaga yang berbeda seperti Rumah Demokrasi,  FOI dan dunia pendidikan yang ingin melakukan pengabdian masyarakat secara luas," Ujar Ramdansyah yang pernah menjabat sebagai Ketua Panwaslu Provinsi DKI Jakarta. 

Ramdansyah menegaskan pluritas tampak dari pegiat-pegiat pembagian 1.200 makanan dengan  ada alumni 3084 yang non muslim, tetapi tetap ingin berbagi bersama Rudem dan FOI. 

Ramdansyah yang pernah menjabat Ketua Alumni 3084 menyatakan bahwa kerjasama dengan FOI tahun 2024 ini sudah kedua kalinya. Sebelumnya pada tanggal 23 Maret 2024 dilakukan pembagian 1.800 takzil di Musholla Hayas Sholah di Jl. Mengkudu, Lagoa Koja, Jakarta Utara. 

Di tahun 2023 kegiatan bersama FOI diselenggarakan di Masjid Al Mukarromah dengan pembagian 3.600 makanan berbuka. Rudem juga bekerjasama dengan Masjid Baitul Harisin yang ada di Mapolsek Koja untuk kegiatan pembagian takzil di Ramadhan 1445.

Terpopuler