Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Khatam Alquran pada Malam ke-29 Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 08 Apr 2024 10:30 WIB

Lebih dari dua juta jamaah memadati Masjidil Haram di Makkah saat bulan Ramadhan. Foto: Saudi Gazette Lebih dari dua juta jamaah memadati Masjidil Haram di Makkah saat bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci di Arab Saudi mengumumkan selesainya pembacaan Alquran pada saat sholat Tarawih pada malam tanggal 29 Ramadhan 1445 Hijriyah, baik di Masjidil Haram Makkah maupun Masjid Nabawi di Madinah.

Dalam persiapan untuk malam yang penting secara spiritual ini, Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci telah mengatur sejumlah layanan di kedua masjid yakni di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Itu termasuk bimbingan keagamaan, sesi pendidikan, dan area khusus untuk menjawab pertanyaan guna meningkatkan suasana spiritual.

Baca Juga

Sebagaimana dilansir dari laman Saudi Gazette pada Senin (8/4/2024), disampaikan bahwa lingkaran belajar Alquran juga diperluas untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan kondusif untuk beribadah. Kepresidenan Urusan Agama Dua Masjid Suci telah menyoroti pentingnya persiapan yang cermat oleh seluruh staf keagamaan untuk memfasilitasi rencana khusus untuk malam suci ini.

Hal ini juga menekankan pentingnya upaya kolaboratif dengan semua entitas terkait di Dua Masjid Suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dengan memanfaatkan teknologi, jasa penerjemah, dan sumber daya lain yang tersedia, tujuannya adalah melayani jamaah, jamaah umroh, dan pengunjung secara maksimal. Sehingga memudahkan mereka dalam menunaikan kewajiban keagamaannya.

Saat jutaan orang berkumpul di Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah pada malam yang penuh berkah ini, suasana akan dipenuhi dengan pembacaan Alquran, menandai momen refleksi dan pengabdian yang mendalam.

Sebagaimana diketahui, umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan menyambut hari raya Idul Fitri, setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024. Di Indonesia, Muslim dalam menyambut hari raya Idul Fitri melakukan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Terpopuler