Lonjakan Kendaraan Mulai Terjadi di Tol Trans Sumatera

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Sabtu 06 Apr 2024 12:38 WIB

Kendaraan melintas di Gerbang Tol Indrapuri jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Aceh Besar, Aceh, Jumat (5/4/2024). PT Hutama Karya (Persero) membuka lima dari enam seksi tol ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, yakni seksi Seulimeum-Jantho, seksi Jantho - Indrapuri, seksi Indrapuri - Blang Bintang yang berlaku tarif serta dua seksi yaitu Blang Bintang - Kuta Baro dan seksi Kuta Baro - Baitussalam yang tanpa dikenakan tarif, dengan prediksi puncak arus mudik pada Jumat (5/4) dan arus balik pada Sabtu (13/4). Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry Kendaraan melintas di Gerbang Tol Indrapuri jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Aceh Besar, Aceh, Jumat (5/4/2024). PT Hutama Karya (Persero) membuka lima dari enam seksi tol ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, yakni seksi Seulimeum-Jantho, seksi Jantho - Indrapuri, seksi Indrapuri - Blang Bintang yang berlaku tarif serta dua seksi yaitu Blang Bintang - Kuta Baro dan seksi Kuta Baro - Baitussalam yang tanpa dikenakan tarif, dengan prediksi puncak arus mudik pada Jumat (5/4) dan arus balik pada Sabtu (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) atau HK menyampaikan mulai terjadinya lonjakan trafik kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). HK mencatat puncak arus mudik mulai terjadi dengan Volume Lalu Lintas (VLL) yang melintas di tujuh ruas JTTS sebanyak 78.158 kendaraan pada Sabtu (6/4/2024).

"Ini penunjukkan peningkatan signifikan sekitar 154,69 persen dari VLL normal. Peningkatan ini mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan yang tinggi selama arus mudik lebaran di JTTS," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga

Adjib menjelaskan angka tersebut merupakan akumulasi dari kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) sebanyak 23.440 Kendaraan atau meningkat 229,58 persen dari VLL normal; kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu) dengan 16.584 Kendaraan atau meningkat 182,75 persen dari VLL normal; 1.307 kendaraan atau 107,74 persen dari VLL normal di Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba).

Kemudian, 5.819 kendaraan atau meningkat 144,14 dari VLL normal di Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang); 18.470 kendaraan atau 154,52 persen dari VLL normal untuk Tol Pekanbaru - Dumai (Permai); 8.714 kendaraan atau 124,18 persen dari VLL normal di Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis); 3.824 kendaraan atau 139,97 persen dari VLL normal yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) atau Sibanceh.

Adjib mengatakan Hutama Karya akan terus menginformasikan perkembangan terkini secara berkala. Adjib mengimbau pengguna jalan tol mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima dan tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk, menepi dan beristirahat apabila mengantuk.

"Pastikan Kartu Uang Elektronik dalam kondisi baik dan saldo tercukupi sebelum melakukan perjalanan, hingga menghindari jam jam rawan, serta selalu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu," kata Adjib.

 

Terpopuler