Pemkab Bantul Kebut Perbaikan Jalan Rusak Jelang Lebaran

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 05 Apr 2024 20:12 WIB

Warga melewati Jembatan Kretek 2 di Bantul, Yogyakarta. Pemkab Bantul mengebut perbaikan jalan rusak menjelang lebaran. Foto: Wihdan Hidayat / Republika Warga melewati Jembatan Kretek 2 di Bantul, Yogyakarta. Pemkab Bantul mengebut perbaikan jalan rusak menjelang lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengejar kesiapan ruas jalan untuk menghadapi peningkatan kendaraan di masa mudik, libur Lebaran hingga arus balik 2024 ini. Hal ini dengan melakukan percepatan perbaikan jalan yang rusak.   

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta mengatakan, pihaknya sudah melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan.

Baca Juga

“Proses perbaikan jalan diupayakan selesai hingga H-2 Lebaran 2024,” kata Aris di Bantul, Kamis (4/4/2024). 

Dikatakan Agus bahwa perbaikan jalan ini mencapai 28 ruas jalan. Skala prioritas perbaikan jalan tersebut yakni di ruas jalan menuju destinasi wisata. 

“Pemeliharaan ini bisa mencapai 28 ruas jalan, dengan skala prioritas jalan-jalan yang menuju objek wisata seperti Cino Mati ini kita prioritaskan lebih. Kemudian jalur yang menuju ruas jalan provinsi maupun nasional,” ucap Agus. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Singgih Raharjo mengatakan bahwa pihaknya juga akan bersiaga di beberapa pos pengamanan selama libur Lebaran. Hal ini guna memastikan kelancaran arus lalu lintas di Bantul mengingat akan terjadi peningkatan cukup signifikan kendaraan maupun wisatawan. 

"Selain itu pemeliharaan LPJU sudah kami lakukan penggantian LED di ruas jalan Kabupaten Bantul, dan jalan provinsi di Jalan Parangtritis, hingga perempatan Bakulan," kata Singgih.

Terpopuler