Polresta Bandung Berangkatkan 150 Warga untuk Mudik Gratis

Red: Erdy Nasrul

Jumat 05 Apr 2024 20:00 WIB

Ilustrasi program mudik gratis. Foto: Republika/Thoudy Badai Ilustrasi program mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, memberangkatkan sebanyak 150 warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pulang ke kampung halamannya melalui program mudik gratis pada momen Lebaran 2024.

“Tadi sudah kita berangkatkan tiga bus dan memang terlihat euforia dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan mudik gratis ini,” kata Wakapolresta Bandung AKBP Maruly Pardede di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca Juga

Ia menyebutkan tiga bus tersebut terbagi oleh tiga rute perjalanan ke Provinsi Jawa Tengah yakni tujuan Cilacap, Brebes dan Yogyakarta.

Maruly menjelaskan program mudik gratis ini untuk mengurangi risiko kecelakaan saat musim mudik sekaligus menghindari para pemudik menggunakan kendaraan tidak sesuai standar, seperti roda dua atau mobil pick-up untuk perjalanan jauh.

“Dengan dilaksanakan mudik gratis ini, Polresta Bandung meminimalisir terjadinya laka atau kecelakaan para pemudik pada saat harus mudik nanti karena menggunakan kendaraan yang tidak semestinya,” kata dia.

Dengan program ini, kata dia, diharapkan para pemudik dapat menggunakan transportasi yang lebih aman dan nyaman selama perjalanan mudik.

“Kami ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemudik, khususnya pemudik yang dari Kabupaten Bandung menuju ke kampung halamannya masing-masing,” katanya.

Maruly menyampaikan selain melaksanakan mudik gratis, Polresta Bandung juga menyiapkan bus bagi para pemudik saat arus balik menuju Kabupaten Bandung.

“Dan satu lagi yang membedakan dengan mudik gratis lainnya adalah Polresta Bandung melaksanakan mudik gratis dan melaksanakan balik gratis,” kata dia.

Ia berharap para peserta program mudik gratis Polresta Bandung ini dapat tiba di kampung halaman dengan kondisi selamat, sehingga bisa merayakan Lebaran bersama keluarga.

Terpopuler