Jangan Meleset, Ini Batas Terakhir Bayar Zakat Fitrah 2024 dan Penjelasan Ulama 

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah

Jumat 05 Apr 2024 17:51 WIB

Seorang muzaki menyetorkan beras zakat fitrah ke loket Lazismu Jawa Barat (ilustrasi). Zakat fitrah hukumnya wajib bagi Muslim yang memiliki kelebihan bahan makan Foto:

1

Jika kita membayarkan zakat fitrah ini langsung kepada yang berhak, tidak ada kejadian luar biasa seperti bencana atau wabah, maka dalam Mazhab Syafi'i, waktu afdhalnya adalah sejak matahari terbit di ufuk timur di hari raya Idul Fitri. Sebelum berangkat untuk melaksanakan sholat Ied.

Sebagaimana pernyataan dari Imam an-Nawawi: "Telah sepakat dari apa yang menjadi nash dari Imam Syafi'i dan para ulama Syafi'iyyah bahwa yang utama untuk membayarkan zakat fitrah adalah di hari raya Idul Fitri sebelum keluar untuk sholat Ied.

Meski demikian, jika dikeluarkan dua hari sebelumnya dalam rangka mempermudah pendistribusian juga bagus. Sebagaimana dalam hadits berikut ini:

كَانُوا يُعْطُونَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ قَبْلِ الْعِيدِ بِيَوْمَ أَوْ يَوْمَيْنِ. (رواه البخاري) "Mereka menunaikan zakat fitrah sehari atau dua hari sebelum Idul Fitri.

Bolehkah mendahulukan pembayaran zakat fitrah?

Waktu wajib membayar zakat fitrah adalah ketika sudah masuk bulan Syawal, dengan perbedaan pendapatnya di atas. Apakah masuk Syawal itu dengan tenggelamnya matahari terakhir bulan Ramadhan atau terbitnya fajar bulan Syawal.

Itu berarti membayar sebelum itu disebut mendahulukan pembayaran zakat. "Mendahulukan pembayaran zakat sehari atau dua hari sebelum Idul Fitri adalah hal yang biasa dilakukan para sahabat Nabi Muhammad SAW," kata KH Hanif Luthfi Lc dalam bukunya.

Sebagaimana hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma: "Mereka (para sahabat) dahulu menyerahkan zakat fitrah satu atau dua hari sebelum Idul Fitri." (HR Imam Bukhari dan Abu Daud). Ada juga riwayat yang menyatakan tiga hari sebelum Idul Fitri. 

Pembayaran sejak awal Ramadhan?

Alim ulama juga ada yang berpendapat boleh mendahulukan pembayaran zakat fitrah selama sudah masuk bulan Ramadhan. Ini adalah pendapat dari Mazhab Syafi'i dan yang difatwakan dalam mazhab Hanafi. 

Imam an-Nawawi menyebutkan, "Para ulama syafi'iyyah berkata bahwa boleh mendahulukan zakat fitrah sebelum waktu wajib, tanpa ada perbedaan pendapat. Pendapat yang shahih adalah boleh zakat fitrah sepanjang bulan Ramadhan, tapi tidak sebelumnya."

Ibrahim al-Baijuri menyebutkan, "Zakat fitrah boleh dibayar pada awal bulan Ramadhan." (Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri ala Syarh Ibnil Qasim)

Amil dahulukan pembagian zakat fitrah sebelum lebaran?

Amil adalah pihak yang mengumpulkan dana zakat. Amil menjadi perantara antara muzakki (orang berzakat) dan mustahiq (penerima zakat). Jika zakat dari muzakki boleh dibayarkan langsung kepada mustahiq dan boleh pula dititipkan ke perantara yakni amil, maka amil jika menerima zakatnya sebelum hari raya Idul Fitri juga boleh mendahulukan pendistribusiannya kepada penerima zakat.

Apalagi jika diketahui ada kebutuhan yang mendesak dari mustahiq atau penerima zakat sebelum hari raya Idul Fitri. Misalnya mustahiq sudah sangat butuh terhadap makanan di tengah Ramadhan.

Terpopuler