Pemprov Jatim Tegaskan Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 05 Apr 2024 15:40 WIB

Pekerja menguruk jalan yang rusak akibat banjir dengan pasir saat perbaikan. Pemprov Jatim menegaskan kesiapan angkutan mudik lebaran tahun ini. Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho Pekerja menguruk jalan yang rusak akibat banjir dengan pasir saat perbaikan. Pemprov Jatim menegaskan kesiapan angkutan mudik lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memastikan, pihaknya akan terus bersinergi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam upaya mensukseskan angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H. Adhy menegaskan, Pemprov Jatim bakal memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik, baik yang melalui moda transportasi darat, laut, maupun udara.

"Kita selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan semua stakeholder, baik itu yang di terminal-terminal, stasiun-stasiun kereta api, maupun yang di pelabuhan dan dermaga, untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemudik, sehingga akan merasakan nyaman, aman, dan bahagia," kata Adhy, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Adhy juga berpesan agar para pemudik menyiapkan segala kebutuhan sebelum melakukan perjalanan mudik. Agar berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi selama perjalanan mudik bisa diantisipasi dan diminimalisir kemungkinan terburuknya.

"Saya berpesan kepada seluruh pemudik nantinya agar bisa mempersiapkan semuanya, baik itu kesehatannya, kendaraannya, dan perbekalannya, sehingga selama mudik nantinya bisa nyaman, aman, lancar," ujarnya.

Adhy menambahkan, pihaknya telah melakukan pengecekan kesiapan sejumlah fasilitas penunjang mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Di antaranya mengecek kesiapan Posko Terpadu Pelayanan Angkutan Lebaran tahun 2024 yang disediakan bagi para pemudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo.

Adhy mengatakan, fasilitas di Posko tersebut cukup lengkap. Di antaranya layanan ruang istirahat, ruang kesehatan gratis, ruang observasi, ruang tes urine, ruang laktasi, dan ruang bermain anak. Selain itu, juga terdapat ruang untuk pijat refleksi, toilet, serta disediakan takjil gratis bagi pemudik yang singgah saat waktu berbuka puasa.

Secara keseluruhan, kata Adhy, Terminal Purabaya telah sangat siap menyambut para pemudik yang melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Apalagi, kata dia, berbagai fasilitas yang ada di dalamnya dapat membuat calon penumpang nyaman.

"Sangat bagus sekali, segalanya dipersiapkan dengan baik. Mulai Pospam dan Posyan serta segala sesuatu yang membuat para pemudik merasa nyaman, aman, dan lancar," ucapnya.

Terpopuler