Arus Mudik di Terminal Jombor Mulai Meningkat

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 05 Apr 2024 15:16 WIB

Pemudik menunggu keberangkatan bus di Terminal Bus Jombor, Sleman, Yogyakarta, Senin (17/4/2023). Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pemudik menunggu keberangkatan bus di Terminal Bus Jombor, Sleman, Yogyakarta, Senin (17/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sejumlah pemudik terpantau mulai berdatangan ke Terminal Jombor, Sleman pada Jumat (5/4/2024). Kepala Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Agnes Dhiany Indria Sari mengatakan arus mudik di Terminal Jombor sudah mulai mengalami peningkatan.

"Saat ini sudah mulai terjadi peningkatan untuk H-7 dan H-6," kata Agnes di Terminal Jombor, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Agnes mengatakan jumlah armada yang tiba di Terminal Jombor mengalami peningkatan kurang lebih 7,49 persen. Sedangkan jumlah armada yang diberangkatkan mengalami peningkatan sekitar 7,61 persen.

"Dimana jumlah kendaraan rata-rata harian untuk yang datang adalah 334 saat ini bus yang ada rata-ratanya ada 359, untuk berangkat rata-rata harian ada 335 tapi saat ini untuk kedatangan bus pada hari raya adalah 360 bus," ucapnya.

Agnes memperkirakan puncak arus mudik diperkirakan terjadi Sabtu dan Ahad besok. Hal tersebut mengingat banyak pekerja yang sudah mulai libur hari ini.

"Karena ini sudah mulai libur, hari terakhir kita masuk perkiraan sekitar 3.000 orang per hari untuk jumlah yang akan datang, kemudian arus baliknya nanti sekitar mungkin sekitar kira-kira 3.500 penumpang," ungkapnya.

Adapun pada arus mudik kali ini didominasi pemudik yang berasal dari Lampung, Palembang, Jambi dan Belitung. Sedangkan kemudian pada arus balik mudik paling banyak ke arah Jabodetabek.

Terpopuler