Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Tol Cimanggis-Cibitung Siap Difungsikan

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 04 Apr 2024 16:16 WIB

Ruas Tol Cimanggis-Cibitung. Korlantas Polri siap fungsikan Tol Cimanggis-Cibitung untuk mengantisipasi arus mudik. Foto: Republika/Putra M. Akbar Ruas Tol Cimanggis-Cibitung. Korlantas Polri siap fungsikan Tol Cimanggis-Cibitung untuk mengantisipasi arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tol fungsional Cimanggis-Cibitung dipersiapkan dibuka untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik yang menuju ke arah timur pada masa libur Idul Fitri 1445 hijriah. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2024 berlangsung sejak 5 April 2024. Saat ini jalan tol tersebut masih digunakan dalam waktu terbatas karena jalur tersebut belum memiliki fasilitas yang lengkap sebagai jalan tol.

"Kami menyiapkan jalur tol yang fungsional yaitu di jalur Cimanggis-Cibitung yang sudah kami survei dengan pengelola jalan tol sudah siap digunakan meskipun waktunya terbatas, " ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan kepada awak media di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Doni menjelaskan pelaksanaan fungsional jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B segmen simpang susun Cikeas sampai dengan Cibitung Junction sepanjang 19,65 kilometer. Pemberlakuan fungsional dengan satu jalur satu arah dengan cara seluruh akses gerbang tol difungsikan untuk keluar masuk jalan tol kecuali Gerbang Tol Setu Utara hanya dapat digunakan untuk akses keluar tol saja.

Namun Doni mengingatkan agar pemudik mentaati peraturan yang telah dibuat. Termasuk perihal kebijakan pemberlakukan sistem ganjil genap. Karena itu masyarakat dapat memilih perjalanan mudik sesuai dengan tanggal berdasarkan nomor kendaraan. Dia mengimbau agar masyarakat lebih waspada dalam perjalanan.

"Imbauan ke masyarakat agar bisa mengawali perjalanan mudik yang memang sudah tidak ada aktivitas, tidak ada kegiatan bisa mengawali perjalanan mudik lebih awal, sehingga kendaraan tidak terjadi penumpukan,” imbau Doni.

Terpopuler