Dua Ruas Tol Kutepat Dibuka untuk Mudik dan Balik 2024

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi

Kamis 04 Apr 2024 14:30 WIB

Gerbang Tol Sinaksak yang merupakan bagian dari Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Rabu (4/10/2023). Foto: Rahayu Subekti Gerbang Tol Sinaksak yang merupakan bagian dari Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Rabu (4/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Dua Ruas Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) dibuka secara fungsional mulai dari H-6 atau 4 April 2024 sampai H+6 atau 16 April 2024. Hal ini bertujuan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2024.

"Dua ruas yang dibuka secara fungsional adalah Ruas Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 45 km, sedangkan ruas Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 9 km dibuka secara fungsional situasional," ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Dindin mengatakan perusahaan sudah melakukan koordinasi dengan lintas instansi, khususnya Polda Sumatera Utara dan pemerintah daerah terkait dioperasikan secara fungsional Ruas Tebing Tinggi – Sinaksak dan secara situasional Ruas Indrapura - Kuala Tanjung guna mendukung arus mudik lebaran 2024. Perusahaan juga memperhatikan kesiapan perambuan dan kondisi jalan, agar pengendara merasa aman selama perjalanan melintasi tol fungsional ini.

"Fungsional Tol Tebing Tinggi – Sinaksak diberlakukan secara gratis dan dua arah dengan ketentuan pengendara wajib melakukan tapping di Gerbang Tol Dolok Merawan atau Gerbang Tol Sinaksak dengan tidak dikenakan biaya sama sekali atau Rp 0," ucap Dindin.

Dindin mengatakan biaya yang akan terpotong adalah biaya perjalanan dari gerbang tol pertama, yang mana pengendara melakukan tapping masuk tol sampai dengan interchange Indrapura. Hal ini dikarenakan Jalan Tol Medan Raya (Ruas Binjai - Langsa, Ruas Medan - Binjai, Ruas Belawan - Tanjungmorawa, Ruas Jasa.

Marga Kualanamu - Tebing Tinggi, Tebing Tinggi - Indrapura, Ruas Indrapura - Limapuluh dan Ruas Tebing Tinggi - Sinaksak) telah menerapkan integrasi tertutup di mana pengendara melakukan pembayaran saat berada di gardu gerbang tol tempat ingin keluar.

Sedangkan pada Ruas Indrapura - Kuala Tanjung yang merupakan lanjutan dari Tol Tebing Tinggi - Indrapura akan diberlakukan fungsional situasional 1 arah dengan memperhatikan kepadatan lalu lintas. Secara teknis PT Hutama Marga Waskita sebagai BUJT Jalan Tol Tebing Tinggi – Sinaksak, sambung Didin, sudah melakukan berbagai koordinasi dan merampungkan pekerjaan yang menjadi prioritas fungsional lebaran 2024.

"Harapannya agar dapat mempermudah masyarakat dalam mudik lebaran tahun ini," kata Dindin.

Dalam mendukung fungsional tahun ini, kata Dindin, perusahaan mempersiapkan 4 personel KSLL, 12 personel patroli, 8 personel rescue, 18 personel derek, 11 patroli jalan raya dan empat paramedis serta 11 kendaraan operasi dan layanan.

 

Terpopuler