Kamis 04 Apr 2024 04:35 WIB

Jalan Berlubang Akibat Ambles, Tol Bocimi tak Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran

Sementara tol Bocimi tidak dioperasionalkan alias ditutup.

Tol Bocimi ambles
Foto: Dok Republika
Tol Bocimi ambles

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemudik yang ingin pulang kampung ke Sukabumi tahun ini harus mencari alternatif jalur lain. Pasalnya, setelah Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) ambles di kilometer 64 600 A, arah pintu exit Tol Parungkuda, Sukabumi, Rabu (3/4/2024), jalan tol tersebut tidak bisa dipakai untuk arus mudik.

Kemungkinan Jalan Tol Sukabumi ditutup untuk arus mudik Lebaran terjadi karena lubang yang tercipta akibat ambles atau longsornya jalan secara tiba-tiba. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Afandi saat dihubungi wartawan mengungkapkan, Tol Bocimi sementara tidak bisa digunakan.

"Sementara tol Bocimi tidak dioperasionalkan, yang tadinya Bocimi bisa operasional untuk ketupat, karena ada longsor ini maka operasional Bocimi untuk sementara ditutup," kata Edwin, Rabu malam.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Jalan Tol Bocimi KM 64 Ambles, Satu Mobil Nyemplung ke dalam Lubang

Kepolisian, kata dia, sampai saat ini masih menunggu Jasa Marga terkait masalah tersebut. "Operasional Bocimi untuk sementara ditutup sambil menunggu dari pihak Jasa Marga," kata dia.

Edwin mengungkapkan kasus ini sementara ditangani Polres Sukabumi. "Lagi ditangani untuk korban jiwa sementara informasi belum. Belum ada info lagi, lagi ditangani oleh Polres Sukabumi," kata dia.

Kabar amblesnya jalan Tol Bocimi Republika dapatkan dari salah seorang pengelola Tol Bocimi. Namun sayangnya, wartawan yang hendak meliput dilarang masuk ke lokasi tanpa alasan yang jelas. 

"Benar telah terjadi longsor di Tol Parungkuda tepatnya di KM 64-600 dan petugas tengah melakukan evakuasi," kata salah seorang pengelola Tol Bocimi, Rabu (3/4/2024) malam.

Akibat dari peristiwa tersebut, ada dua korban yang mengalami luka-luka. Dua korban yang mengalami luka-luka dilaporkan selamat dan sudah dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Selain minibus, sebuah truk juga terguling karena berusaha menghindar dari tanah ambles tersebut.

Dari video yang beredar terlihat lubang yang terbentuk karena tanah ambles tersebut cukup besar. Sementara akses ke dalam jalan tol Tol Bocimi seksi 2 ditutup dan arus lalu lintas ke Gate Tol Cigombong untuk arah Sukabumi-Jakarta dialihkan.

Video jalan Tol Bocimi ambles di halaman berikutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement