Pemudik Diminta Cek Dapur dan Instalasi Listrik Sebelum Pulang Kampung

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 04 Apr 2024 12:49 WIB

Ilustrasi. Foto: PLN. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Wasis Sutikno mengingatkan masyarakat untuk melakukan pengecekan area dapur dan instalasi listrik sebelum mudik lebaran Idul Fitri 2024. Sebab, kata dia, sumber utama terjadinya kebakaran adalah area dapur dan instalasi listrik.

"Untuk area dapur harus dilakukan pengecekan pada kompor, regulator, dan selang harus sesuai standar. Kalau listrik, kami imbau sering melakukan pengecekan instalasi listrik. Jika kondisi kabel masih layak berarti aman di tinggal, tetapi kalau kabelnya mencurigakan sebaiknya dilakukan penggantian," kata Sutikno, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Sutikno menambahkan, sebaiknya pemudik juga tidak meninggalkan rumah dalam keadaan teraliri listrik karena dapat memicu bahaya kebakaran. Menurutnya, alangkah lebih baik jika warga mematikan seluruh aliran listrik melalui meteran listrik.

"Kemudian, warga yang memiliki hewan peliharaan diimbau dapat menitipkan kepada tetangga atau ke tempat penitipan hewan, sehingga lebih mudah melakukan pemantauan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada libur lebaran Idul Fitri 2023, terdapat lima bangunan rumah dan lima industri yang mengalami kebakaran. Semuanya, kata dia, berhasil ditangani oleh DPKP Surabaya.

Ia pun berharap pada momentum libur lebaran tahun ini warga bisa menjaga keamanan rumahnya masing-masing. "Jika hendak mudik atau libur lebaran, warga diimbau menitipkan rumah kepada tetangga atau melapor ke RT/ RW," ucapnya.

Terpopuler