Pemudik Disarankan Cukupi Kebutuhan Cairan Sebelum Perjalanan ke Kampung Halaman

Red: Qommarria Rostanti

Rabu 03 Apr 2024 21:25 WIB

Pemudik diimbau mencukupi kebutuhan cairan (ilustrasi). Caranya dengan minum air putih saat berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Foto: www.freepik.com Pemudik diimbau mencukupi kebutuhan cairan (ilustrasi). Caranya dengan minum air putih saat berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Provinsi Banten, menyarankan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik saat masih puasa agar mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Caranya dengan minum air putih saat berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan tubuh membutuhkan air untuk dikonsumsi sebanyak 1,5 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-8 gelas setiap harinya. "Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, guna mencegah dehidrasi selama perjalanan jauh. Penuhi kebutuhan air saat sahur dan berbuka," kata dr Dini pada Rabu (3/4/2024).

Baca Juga

Pemudik juga diimbau memastikan kondisi tubuh stabil bila hendak melakukan perjalanan jauh ketika puasa. Mulailah dengan mengecek kesehatan dan mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Kemudian memperbanyak makanan sehat saat sahur yang mengandung vitamin C dan zinc. "Jangan pula menyetir saat mengantuk, pastikan cukup waktu tidur selama 7-8 jam selama beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jauh," katanya.

Sebelum melakukan perjalanan jauh saat puasa, pastikan sudah memenuhi asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. "Tak salah, jika mengonsumsi multivitamin saat puasa yang membantu menjaga stamina. Selain itu, vitamin juga akan membuat tubuh tetap segar selama bepergian," katanya.

Ia juga mengungkapkan berbagai kemungkinan bisa saja terjadi selama melakukan perjalanan jarak jauh, terlebih kondisi tubuh lebih rentan saat puasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membawa obat-obatan sendiri dalam kotak P3K. Beberapa obat yang sebaiknya dipersiapkan dalam kotak P3K yaitu obat pereda nyeri, minyak angin, obat antimabuk, obat asam lambung, kain kasa dan obat merah.

"Sesuaikan dengan kebutuhan karena ini sangat membantu saat kondisi tubuh mengalami kondisi tak baik," ujarnya.

Terpopuler