Kapolri Instruksikan Seluruh Jajaran Berikan Pelayanan Mudik Terbaik

Red: Nora Azizah

Selasa 02 Apr 2024 16:15 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2024. Foto: Dok. Humas Polri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2024. Sigit meminta seluruh jajaran Polda wilayah dapat bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya agar dapat memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan mudik Lebaran 2024.

Mantan Kabareskrim itu mengaku dirinya juga akan turun langsung untuk meninjau kesiapan arus mudik di sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

Baca Juga

"Untuk memastikan bahwa jalur, kemudian fasilitas penunjang, kemudian potensi terjadinya rawan kecelakaan, semua bisa kita minimalisir," kata Sigit di DPP PUI, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).

Sigit meminta agar seluruh anggota Korps Bhayangkara dapat betul-betul mempersiapkan pelbagai kebutuhan untuk menciptakan kondisi mudik Lebaran yang aman dan lancar. Pasalnya, ia mengingatkan dari data milik Kementerian Perhubungan diperkirakan jumlah pemudik di tahun 2024 bakal meningkat hingga 56 persen ketimbang tahun sebelumnya. 

"Betul-betul bisa kita berikan pelayanan yang terbaik. Sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik walaupun jumlahnya jauh lebih besar, namun semuanya kita harapkan bisa terkelola dengan baik," ujar Sigit.

Di sisi lain, Sigit juga memastikan pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. Melalui pelbagai skema rekayasa lalu lintas berupa one way, contra flow hingga buffer zone di pelabuhan itu diharapkan dapat mengantisipasi kemacetan akibat lonjakan jumlah pemudik.

"Walaupun kita tahu pasti akan ada potensi kemacetan, namun mudah-mudahan dengan rekayasa yang kita siapkan itu bisa membantu mempercepat, menormalkan kembali, ataupun mengurai potensi-potensi yang macet," tutup Sigit.

Terpopuler