Mudik Bawa Anak, Ini 9 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Agar Perjalanan Nyaman

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 06:18 WIB

Seorang anak berada di bus dalam perjalan mudik (ilustrasi). Ada beberapa tips mudik bersama anak agar perjalanan lancar dan nyaman. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Seorang anak berada di bus dalam perjalan mudik (ilustrasi). Ada beberapa tips mudik bersama anak agar perjalanan lancar dan nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mudik menjadi salah satu momen istimewa yang menyemarakkan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Bagi mereka yang membawa anak kecil, persiapan harus dilakukan secara ekstra teliti agar perjalanan mudik ke kampung halaman berjalan lancar dan nyaman.

Dilansir Wuling.id pada Senin (1/4/2024), berikut adalah sembilan tips mudik Lebaran bawa anak antirepot:

Baca Juga

1. Cek kesehatan anak

Sebelum berangkat, pastikan anak dalam keadaan sehat dengan berkonsultasi kepada dokter anak untuk mendapatkan persetujuan. Jika anak menunjukkan gejala sakit, pertimbangkan kembali keberangkatan Anda.

2. Bawa perlengkapan P3K

Persiapkan perlengkapan pertolongan pertama seperti obat-obatan standar, termasuk obat demam, obat antimuntah, dan plester luka untuk mengatasi kondisi darurat.

3. Pilih pakaian yang nyaman

Pilihlah pakaian yang nyaman dan mudah dilepaskan bagi si kecil. Hindari pakaian yang terlalu tebal atau ketat yang bisa membuatnya tidak nyaman selama perjalanan.

4. Sediakan pakaian hangat atau selimut

Pastikan Anda membawa jaket, baju hangat, atau selimut untuk menjaga kehangatan si kecil selama perjalanan, terutama jika tujuan perjalanan Anda berada di daerah dengan suhu yang rendah.

5. Persiapkan tas khusus untuk anak

Pisahkan pakaian dan perlengkapan anak dalam tas khusus agar mudah dijangkau saat diperlukan, seperti pakaian ganti, popok, tisu basah, dan minyak telon.

6. Bawa mainan kesukaan anak

Bawa mainan kesukaan si kecil untuk menghiburnya selama perjalanan dan mengurangi rasa bosan.

7. Sediakan makanan dan minuman

Bawa makanan ringan dan minuman favorit anak untuk menjaga asupan energinya selama perjalanan. Pastikan makanan tersebut mudah disantap dan tidak memerlukan banyak persiapan.

8. Pilih kendaraan yang nyaman

Pilihlah transportasi yang nyaman dan aman bagi anak, seperti kereta api dengan gerbong khusus keluarga atau bus dengan fasilitas yang memadai untuk anak-anak.

9. Pelajari pertolongan pertama

Pelajari tata cara pertolongan pertama yang standar untuk mengatasi kondisi darurat yang mungkin terjadi selama perjalanan, seperti luka ringan atau tersedak. 

Terpopuler