Polisi Kerahkan 428 Personel Amankan Arus Mudik-Balik di Kota Cirebon

Red: Bilal Ramadhan

Sabtu 30 Mar 2024 19:08 WIB

Polisi mengerahkan sebanyak 428 personel untuk mengamankan arus mudik di Cirebon. Foto: Republika/Thoudy Badai Polisi mengerahkan sebanyak 428 personel untuk mengamankan arus mudik di Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, mengerahkan 428 personel dalam pelaksanaan pengamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayah hukum setempat.

Kepala Polres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto di Cirebon, Sabtu (30/3/2024), mengatakan bahwa pihaknya kan menempatkan ratusan personel itu di 16 posko jalur arteri hingga di ruas tol dengan dukungan petugas gabungan dari berbagai instansi terkait.

Baca Juga

"Posko yang disiapkan ada 16 titik. Satu posko di Polres Cirebon, ada satu pos terpadu, tujuh pos pengamanan, ada tiga pos pelayanan, dan ada beberapa posko lainnya," katanya.

Personel tersebut tidak hanya bertugas untuk menerapkan pola pengaturan arus lalu lintas, tetapi juga menjamin keamanan di wilayah hukum Polres Cirebon Kota selama Lebaran 2024.

AKBP Rano mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan secara matang, mulai dari sisi kebijakan serta upaya antisipasi dalam menghadapi kedatangan pemudik.

Segala persiapan itu, kata Kapolres, sudah dibahas melalui rapat lintas sektoral bersama Pemerintah Kota Cirebon dengan pokok utamanya menyamakan persepsi terkait dengan pola pengamanan, kesiapan personel, serta kebutuhan sarana dan prasarana.

"Tentunya pihak kepolisian tidak bisa berdiri sendiri. Kami terus bekerja sama, bersinergi dengan pemda dalam rangka menyukseskan Operasi Ketupat Lodaya 2024," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi menegaskan bahwa koordinasi dan sinergisitas dari semua instansi sangat perlu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga maupun pemudik yang berada di wilayahnya.

Agus telah menginstruksikan seluruh perangkat daerah agar mengoptimalkan kinerja. Misalnya, mempercepat proses perbaikan dan pemeliharaan di 35 ruas jalan sehingga pengendara dapat melintasi jalan tersebut sebelum Lebaran.

"Kami minta pemeliharaan infrastruktur dan perbaikan sedang berjalan mohon dipercepat. Pada Idulfitri 1445 Hijriah diperkirakan kurang lebih 3,7 juta orang yang akan melakukan aktivitas di dalam kota di samping yang melintas atau mampir," kata Agus.

Ia menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk berkolaborasi bersama Polres Cirebon Kota dan pemangku kepentingan lainnya supaya masyarakat di kotanya bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

Terpopuler