Warga Jaksel Antusias Ikuti Bazar Kebutuhan Pokok Gratis

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 30 Mar 2024 11:19 WIB

Ilustrasi. Foto: Dok. Rcg Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kelurahan Jati Padang, Jakarta Selatan (Jaksel) antusias mengikuti bazar kebutuhan pokok gratis yang digelar setiap pertengahan bulan Ramadhan.

"Sekarang sudah yang ketujuh kalinya kami selenggarakan bazar gratis ini," kata Ketua Panitia Bazar Edi Suhendi di Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

Baca Juga

Bazar yang digelar selama tiga hari itu berlangsung mulai dari Jumat sampai Ahad dan bertepatan pertengahan bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Pada bazar tersebut, ia menyediakan sejumlah kebutuhan pokok seperti sayuran, daging, telur, cabai, bawang dan lain sebagainya.

Edi mengatakan bazar gratis tersebut ditunjukkan kepada semua masyarakat yang berkenan mengikuti bazar tersebut, baik dari wilayah Jati Padang maupun orang yang sedang lewat di daerah itu.

Ia menjelaskan, setiap warga akan mendapatkan tiga jenis kebutuhan pokok, seperti sayuran, daging dan paket berisi cabai, tomat serta bawang.

"Setiap warga mendapatkan tiga paket, sayuran, lauk dan bumbu dapur," katanya.

Selain itu, kata Edi yang juga Ketua RT/RW 002/004 Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, warga berkesempatan mendapatkan tiga potong pakaian layak pakai yang telah disediakan oleh panitia.

Menurut dia, bazar kebutuhan pokok gratis tersebut diselenggarakan atas inisiasi warga. Semua dana untuk belanja dikumpulkan dari warga sekitar.

"Ide dari warga dan donasi dari warga. Yang mengambil boleh siapa saja tapi harus tertib. Jadi kami kasih nomor biar tertib," ujarnya.

Seorang warga yang mengikuti bazar tersebut Sujiyo (78 tahun) mengaku terbantu dengan adanya bazar kebutuhan pokok gratis, karena bisa menghemat uang dapur apalagi saat ini ia tidak bekerja.

"Saya sudah tidak bisa bekerja, jadi dengan adanya bazar gratis ini tentu sangat terbantu," katanya.

Bazar kebutuhan pokok gratis pada hari kedua diikuti oleh 125 orang dan sehari sebelumnya lebih banyak yaitu mencapai 150 orang. Bazar tersebut merupakan aksi solidaritas dan kepedulian terhadap sesama pada bulan Ramadhan.a

Terpopuler