Bakal Mudik? Jangan Lupa Titip Rumah ke Tetangga Terdekat Cegah Perampokan dan Kebakaran

Red: Qommarria Rostanti

Jumat 29 Mar 2024 12:41 WIB

Mudik (ilustrasi). Sebelum mudik, sebaiknya titipkan rumah kepada tetangga. Foto: republika/mgrol100 Mudik (ilustrasi). Sebelum mudik, sebaiknya titipkan rumah kepada tetangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda berencana mudik pada Lebaran tahun ini? Jika ya, sudah semestinya menyiapkan dengan baik segala persiapannya, termasuk keamanan rumah yang akan ditinggalkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya perampokan "rumah kosong" yang ditinggal pemiliknya mudik maupun mengantisipasi kebakaran.

Ada baiknya memberi kabar kepada tetangga bahwa Anda akan mudik. Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengimbau warga untuk menitipkan tempat tinggalnya (rumah) kepada tetangga terdekat jika ingin melakukan perjalanan mudik. Hal tersebut menurut Dhany perlu dilakukan guna menjaga keamanan tempat tinggal selama pemilik rumah berada di kampung halaman.

Baca Juga

"Kalau ingin pulang kampung titipkan rumah kepada tetangga terdekat, sehingga jika terjadi sesuatu kita masih bisa berkomunikasi," kata Dhany di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Tak hanya itu, Dhany juga mengingatkan warga yang akan mudik untuk memastikan kembali mencabut benda elektronik dari aliran listrik agar terhindar dari potensi kebakaran terlebih di lingkungan padat penduduk. "Jika ingin meninggalkan rumah jangan lupa untuk mencabut benda elektronik dari aliran listrik serta jangan menumpuk benda-benda yang mudah terbakar," ujar Dhany.