PT KAI Daop 8 Intensifkan Perawatan Jalur KA Jelang Mudik Lebaran

Red: Qommarria Rostanti

Kamis 21 Mar 2024 14:09 WIB

PT KAI Daop 8 Surabaya 8 Surabaya melakukan perawatan jalur KA secara intensif untuk momen Lebaran 2024. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq PT KAI Daop 8 Surabaya 8 Surabaya melakukan perawatan jalur KA secara intensif untuk momen Lebaran 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melakukan perawatan jalur KA secara intensif untuk menjamin keselamatan perjalanan pelanggan yang menggunakan moda transportasi kereta api saat momen Lebaran 2024. Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api selalu dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

"Perawatan jalur rel kereta api tersebut dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai dengan standar pengoperasian jalan rel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan," ucapnya, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga

Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer yang melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi. Selain itu, untuk memastikan jalur KA tersebut aman, pihaknya memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, empat UPT Jembatan, dan satu UPT Mekanik, yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Daop 8 Surabaya.

"Para petugas dari UPT Jalan Rel dan Jembatan tersebut, akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast," ujarnya.

Di samping itu, kata Luqman, para petugas akan meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA. "Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api, serta memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA," ujarnya.

Pihaknya mencatat sebanyak 208.541 orang menggunakan jasa angkutan umum kereta api saat momen lebaran mulai 31 Maret hingga 21 April 2024. "Data tersebut diambil hari ini Kamis 22 Maret 2024 pukul 10.00 WIB," katanya.

Selain itu, pada momen arus mudik 31 Maret hingga 9 April 2024, tercatat sebanyak 104.622 menggunakan kereta api. "Sedangkan untuk arus balik mulai 12 - 21 April 2024 tercatat sebanyak 84.795 pelanggan. Data penjualan masih akan terus meningkat, selama penjualan tiket terus berlangsung," ucap Luqman.

Luqman mengatakan, pelanggan di Daop 8 Surabaya pada masa angkutan lebaran didominasi dengan tujuan Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi. "KA jarak jauh paling favorit yakni KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong, KA Kertajaya Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang," tuturnya.

Terpopuler