Mau Tukar Uang Baru untuk Lebaran, Ada 4.000-an Titik Penukaran Uang di Indonesia

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 20 Mar 2024 16:19 WIB

Petugas memberikan uang kepada warga yang melakukan penukaran uang rupiah baru (ilustrasi). Foto: Republika/Prayogi Petugas memberikan uang kepada warga yang melakukan penukaran uang rupiah baru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebaran merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu anak kecil. Pasalnya pada Hari Raya Idul Fitri mereka akan mendapat salam tempel dari sanak saudara.

Bagi mereka yang sudah bekerja, pasti akan menyiapkan uang baru untuk bersiap dibagikan. Mendukung tradisi yang sudah lama ini, Bank Indonesia menyediakan titik-titik untuk penukaran uang baru di seluruh Indonesia.

Baca Juga

“Bank Indonesia menyediakan layanan penukaran uang di 4.264 titik layanan oleh perbankan dan 449 titik layanan oleh Bank Indonesia,” tulis Bank Indonesia lewat akun Instagram.

Titik-titik penukaran uang ini dapat ditemui di dekat alun-alun kota, pasar, titik transportasi umum hingga titik susur sungai. Teruntuk masyarakat yang bencana mudik lewat jalur darat, Bank Indonesia menyediakan layanan penukaran uang di rest area KM 57.

“Kami dan Bapak Ibu sekalian punya komitmen untuk menjaga kelancaran, keamanan, dan efisiensinya sistem pembayaran di Hari Besar Keagamaan Nasional atau HBKN. Perputaran uang selama Ramadhan dan Idul Fitri ini 25 persen dari total selama perputaran setahun,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P Joewono.

Layanan penukaran uang keliling ini merupakan program baru Bank Indonesia khusus Ramadhan tahun ini. Bertajuk Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) dilaksanakan selama 15 Maret hingga 7 April 2024.

Serambi merupakan respons Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah layak edar. Tahun 2024 ini, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp 197,6 triliun, naik 4,65 persen dibanding tahun lalu. Lewat akun Instagram, Bank Indonesia memaparkan aturan dan mekanisme penukaran uang baru. Masyarakat hanya boleh menukarkan uang maksimal Rp 4 juta. Lalu masyarakat melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran menggunakan aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (Pintar) pada situs www.pintar.bi.go.id.

Jangan lupa membawa KTP dan bukti pemesanan dalam bentuk digital maupun cetak, saat mendatangi lokasi. Pelayanan tukar uang baru langsung di lokasi tanpa mendaftar di Pintar, bisa dilakukan jika kuota masih tersedia. Untuk informasi lokasi, dapat mengunjungi akun Instagram Bank Indonesia.