Lailatul Qadar Hanya Ada di 10 Hari Terakhir atau Sejak Malam Pertama Ramadhan?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 19 Mar 2024 18:02 WIB

Ilustrasi Lailatul Qadar Foto:

1

Kiai Salahuddin menambahkan, menurut para ulama yang sudah membuktikan, Lailatul Qadar cenderung lebih sering terjadi setelah tanggal 20 Ramadhan, sebagaimana pengamatan yang mereka lakukan berdasarkan hadits Nabi SAW. Namun, itu tidak menjamin bahwa Lailatul Qadar hanya terjadi di 10 hari terakhir Ramadhan.

Karena itu, untuk mendapatkan Lailatul Qadar, setiap Muslim harus memperbanyak ibadah sepanjang bulan Ramadhan. Dengan demikian, mereka memiliki peluang lebih besar untuk meraih keutamaan besar Lailatul Qadar, malam yang penuh berkah tersebut.

Almarhum Prof Dr Hasanuddin AF, guru besar ushul fiqih Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), menekankan soal cara meraih Lailatul Qadar. Dia mengatakan, pelaksanaan itikaf bukanlah syarat untuk meraih Lailatul Qadar, karena itikaf ini adalah sunnah.

"Di mana saja bisa dapat Lailatul Qadar. Jadi tidak harus di masjid, tidak harus iktikaf. Mendapatkan Lailatul Qadar itu bisa di rumah, bisa di masjid," tuturnya.

Dengan catatan, di malam tersebut menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya, seperti shalat malam, dzikir, tilawah Alquran, maupun ibadah lainnya. 

 

Terpopuler