Masjid Besar di Indonesia yang Bagikan Ribuan Takjil Gratis Setiap Harinya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 19 Mar 2024 15:29 WIB

Petugas menyiapkan takjil di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Selasa (12/3/2024). Beberapa masjid besar di Indonesia menyediakan ribuan takjil per harinya untuk buka puasa. Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko Petugas menyiapkan takjil di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Selasa (12/3/2024). Beberapa masjid besar di Indonesia menyediakan ribuan takjil per harinya untuk buka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak umat Islam menghabiskan waktu ngabuburit alias menanti waktu berbuka puasa dengan berburu takjil. Sebagian mungkin membeli kudapan takjil di berbagai gerai, tapi sebenarnya sejumlah masjid besar di Indonesia membagikan ribuan takjil gratis.

Saat berburu takjil gratis di masjid, umat Islam bisa sekaligus mengikuti kajian Ramadhan yang kerap digelar saat ngabuburit dan langsung melaksanakan sholat berjamaah di masjid setelah berbuka puasa. Berikut deretan masjid besar di Indonesia yang membagikan ribuan takjil gratis:

Baca Juga

1. Masjid Istiqlal Jakarta

photo
Warga menunggu waktu berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (12/3/2024). - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Badan Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta menyediakan 4.000 hingga 6.000 takjil gratis selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Terdapat juga hidangan berbuka puasa, tapi dengan jumlah lebih terbatas. Lewat akun Instagram resminya, disebutkan bahwa inisiatif Istiqlal menyediakan takjil dan hidangan berbuka itu merupakan wujud kebersamaan dan kehangatan di bulan penuh berkah.

2. Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung

photo
Masyarakat mengikuti Sholat Tarawih pertama Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Jawa Barat Al Jabbar, Kota Bandung, Senin (11/3/2024). - (Edi Yusuf/Republika)

 

Pengelola Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung menyediakan sekitar 1.000 paket makanan dan minuman takjil gratis untuk masyarakat yang berpuasa. Sepanjang Ramadhan 1445 Hijriyah, juga terdapat kultum, serta event-event memeriahkan Ramadhan dengan tema pemberdayaan UMKM.

3. Masjid Jogokariyan Yogyakarta

photo
Warga antre untuk mendapatkan takjil di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Selasa (12/3/2024). - (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

 

Masjid Jogokariyan Yogyakarta menyediakan 3.500 porsi takjil gratis setiap harinya untuk masyarakat berbuka puasa. Terdapat program Kampoeng Ramadhan Jogokariyan dan #JogokariyanBerkisah yang menghadirkan berbagai pembicara dan penampil menarik.

4. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

photo
Warga mengambil menu berbuka puasa saat kegiatan buka puasa bersama di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/3/2024). - ( ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

 

Kurang lebih 7.000 porsi takjil per hari disediakan di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo selama Ramadhan tahun ini. Bagi yang hendak berbuka di Masjid Sheikh Zayed, lokasi buka bersama berada di tenda-tenda yang ada di halaman sebelah utara dan sisi timur masjid.

5. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

photo
Umat Islam menunaikan sholat di Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). - (Antara/Didik Suhartono)

 

Sepanjang Ramadhan tahun ini, saat ngabuburit Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengadakan "Ngaji Ngabuburit Ramadhan GenZi 1445 Hijriyah". Setiap hari, terdapat kajian, pembagian takjil, juga kupon hadiah yang akan diundi pada malam 27 Ramadhan.