Ahli Gizi: Camilan Malam Bergizi Perlu Dikonsumsi Kala Puasa

Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Mar 2024 14:50 WIB

Pedagang menunggu pembeli di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022). Foto: Antara/Maulana Surya Pedagang menunggu pembeli di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli gizi Luciana Sutanto mengatakan makan camilan pada malam hari diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam sehari di kala berpuasa.

"Makanan kecil atau selingan malam hari perlu dikonsumsi agar terpenuhi kebutuhan gizi sehari," katanya melalui layanan pesan, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Ia menyampaikan buah-buahan, kacang-kacangan, atau susu dalam porsi yang tidak berlebihan dapat dikonsumsi sebagai camilan pada malam hari.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu mengemukakan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi untuk mencegah serangan penyakit seperti flu dan batuk, yang bisa lama sembuh jika tubuh dalam keadaan tidak fit.

"Flu biasa bisa lama sembuh kalau kondisi tubuh tidak fit, sementara cuaca sekarang lebih dingin. Apalagi kalau disertai alergi, penyakit sinusitis, dan imunitas rendah," katanya.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga...