Keajaiban Siwak, Mampu Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Mar 2024 03:45 WIB

Siwak (ilustrasi) Foto: Antara/Prasetyo Utomo Siwak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Umat Muslim di seluruh dunia menjalankan puasa Ramadhan, dengan menjauhkan diri dari semua makanan dan minuman dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Selama berpuasa, kondisi mulut kita sering kali mengeluarkan bau tak sedap karena kita menghasilkan lebih sedikit air liur selama puasa untuk melindungi kita dari kuman mulut. Air liur memainkan peran penting dalam melindungi mulut kita dari bakteri serta menghilangkan sisa makanan.

Baca Juga

Namun, mereka yang berpuasa menggunakan miswak atau siwak, maka akan terhindar dari bau mulut. Siwak merupakan kayu kunyah tradisional yang dapat digunakan beberapa kali sehari untuk menjaga mulut tetap segar dan menjaga kesehatan gigi.

Seoranh dokter gigi di Riyadh, Abdulaziz Al-Saif mengatakan untuk menghindari bau mulut, kayu tradisional Miswak melakukan keajaiban. Miswak adalah sikat gigi alami yang, di antara manfaat lainnya, juga menciptakan aroma di mulut.

“Miswak dapat menghilangkan bau tak sedap dan meningkatkan indera perasa, mempertajam memori, (mencerahkan gigi), memperkuat penglihatan, membantu pencernaan dan membersihkan suara,” ujar dokter gigi Aisha Ali Ahmad, dilansir dari Arab News, Senin (18/3/2024).

Rasulullah saw dalam sebuah hadits...