Daop 8 Siapkan 59 Lokomotif dan 341 Kereta Penumpang Lebaran 2024

Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Mar 2024 12:49 WIB

Ilustrasi mudik lebaran. Foto: Republika/Thoudy Badai Ilustrasi mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan sebanyak 59 lokomotif dan 341 kereta penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2024 pada 5 April hingga 16 April 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan dari sisi perawatan, KAI juga mengintensifkan pemeriksaan harian dan berkala. Ini untuk memastikan kondisi lokomotif maupun kereta yang akan dioperasikan tersebut andal selama masa angkutan lebaran.

Baca Juga

"Pemeriksaan dilakukan dengan pengecekan mendetail pada rangka bawah, bogie, alat perangkai kereta, alat pengereman, dan peralatan keselamatan pada kereta," ucap Luqman di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/3/2024).

Demi kenyamanan pelanggan, lanjutnya, petugas juga mengintensifkan pengecekan kebersihan interior dan eksterior kereta, sistem kelistrikan termasuk pendingin ruangan (AC) audio-video, tempat duduk penumpang, serta kelayakan toilet.

"Selain itu, petugas sarana lokomotif juga melakukan perawatan komponen lokomotif dan memastikannya berfungsi dengan baik dengan melakukan pemeriksaan mendetail pada mesin, sistem angin, diesel, kelistrikan, dan mekanik," katanya.

Luqman menambahkan perawatan sarana kereta api memegang peranan penting dalam operasional perjalanan kereta api. Oleh sebab itu berbagai persyaratan harus dimiliki oleh petugas sarana sebelum ditempatkan di Depo atau stasiun keberangkatan.

 

"KAI Daop 8 Surabaya memastikan SDM bagian Sarana selalu siap dalam mengamankan dan menjaga kenyamanan perjalanan KA. Sebanyak 339 pekerja sarana telah mengantongi Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI," ujarnya.

 

Selain itu, pihaknya juga secara rutin memberikan pembinaan kepada para petugas sarana minimal 12 kali dalam setahun yang meliputi standar operasional prosedur (SOP) kerja, penggunaan alat pelindung diri (APD), serta disiplin diri.

 

Pihaknya juga menyiapkan sarana penolong apabila terdapat gangguan perjalanan KA.

 

"Sarana tersebut yakni kereta penolong yang dilengkapi dengan peralatan P3K dan juga kelengkapan peralatan teknis. Sarana penolong ini ditempatkan di Depo Sidotopo, Depo Surabaya Pasarturi, dan Depo Malang, berdasarkan lokasi strategis apabila terdapat gangguan perjalanan KA," kata Luqman.

 

Tak hanya itu, setiap hari selama masa angkutan lebaran, pihaknya mengoperasikan 54 perjalanan KA jarak jauh yang terdiri 43 KA reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan pada masa angkutan lebaran 2024. KAI total menyediakan 30.340 tempat duduk per hari.

 

"Berbagai persiapan akan terus dilakukan KAI Daop 8 untuk tercapainya angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman sehingga diharapkan dapat terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna", ujarnya.